Trik menjaga santan tetap kental dan tak pecah saat dimasak, bikin masakan lebih awet

Trik menjaga santan tetap kental dan tak pecah saat dimasak, bikin masakan lebih awet
YouTube/Dapur Utie

Brilio.net - Masakan bersantan digemari banyak orang karena gurih. Selain gurih, masakan bersantan juga cenderung lebih kental dan lembut teksturnya. Nggak heran jika banyak orang suka dengan makanan bersantan.

Memang, santan sering digunakan untuk memasak berbagai macam menu. Misalnya untuk makanan berkuah seperti gulai, kare, opor, maupun lodeh. Tapi nggak cuma itu, santan juga sering dipakai sebagai campuran masakan jenis kering, misalnya sambal goreng kentang, tumis sayur labu, hingga mangut lele.

Dilihat dari pembuatannya, santan biasanya diambil dari perasan kelapa parut yang dibasahi air. Hasil santan dari perasan kelapa parut ini bisa disesuaikan kekentalannya sesuai dengan jumlah air yang digunakan. Tapi santan kental paling banyak dipakai, karena teksturnya lebih lembut.

Sayangnya, memasak dengan bahan tambahan santan ini gampang-gampang susah, lho. Tak jarang hasil kuah yang dimasak jadi rusak karena tekstur santan pecah. Padahal kuah masakan bersantan lebih lezat dan akan lembut jika tekstur santan yang dipakai tetap kental.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Dapur Utie. Melalui salah satu YouTube Shorts yang diunggah, dia menggunakan teknik tertentu agar hasil santan tetap kental dan tidak pecah. Nggak cuma itu, hasil masakan yang dibikin dengan metode ini juga cenderung lebih awet, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya