Tambah 1 bahan, begini cara merebus pempek supaya tak lengket dan antikempis saat dingin

Tambah 1 bahan, begini cara merebus pempek supaya tak lengket dan antikempis saat dingin
YouTube/Sasa Suratman

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka pempek? Makanan khas Palembang ini sering ditemukan di berbagai daerah karena digemari banyak orang. Pempek punya cita rasa khas karena dibuat dari ikan. Selain itu, teksturnya yang kenyal juga bisa bikin siapa saja ketagihan.

Pempek biasanya disantap setelah digoreng kering. Namun sebelum mencapai tahap itu, adonan pempek harus direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ini bikin adonan pempek jadi lebih padat dan kenyal setelah dicetak.

Merebus pempek pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan merebus bahan makanan pada umumnya. Namun siapa sangka, banyak orang yang ternyata mendapati hasil pempek tidak sesuai ekspektasi. Pempek yang sudah direbus ini terkadang jadi lengket dan mudah kempis saat dingin. Usut punya usut, ada trik khusus yang harus dilakukan saat merebus pempek, lho.

Trik tersebut akan membuat pempek jadi mengembang sempurna dan nggak lengket, lho. Dengan begitu, tampilan pempek jadi lebih menarik dan tentunya menggugah selera.

Melalui akun YouTube pribadinya, warganet bernama Sasa Suratman pernah membagikan trik terkait perebusan pempek tersebut. Dia mengaku trik tersebut bisa menghasilkan pempek yang mulus karena tidak kempis saat dingin. Selain itu, pempek juga nggak mudah lengket, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya