Trik jitu bikin adonan perkedel jagung agar hasilnya renyah dan tak ambyar meski tanpa telur

Trik jitu bikin adonan perkedel jagung agar hasilnya renyah dan tak ambyar meski tanpa telur
foto: YouTube/AgaShioo Yuu

Brilio.net - Jagung bisa dibilang sebagai bahan makanan serba bisa, misalnya bisa dijadikan sebagai camilan, sayur, sampai lauk. Ngomong-ngomong soal kreasi jagung, sudah pasti perkedel jagung yang sering jadi menu andalan banyak orang untuk dimasak di rumah. Selain rasanya enak, perkedel jagung juga mudah dibuat.

Di samping itu, makanan ini juga sudah pasti sehat. Dilansir dari webmd.com, jagung kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh, menurunkan risiko kanker, sampai menjaga jantung tetap sehat. Jagung juga dipercaya bisa menjaga kesehatan mata karena bahan makanan ini kaya akan karotenoid, lho.

Namun, buat yang belum terbiasa memasaknya, perkedel jagung kerap gagal dibuat. Misalnya, saat salah bikin adonan, sehingga ambyar saat dimasukkan ke minyak. Untuk mengatasinya, biasanya orang-orang memasukkan telur ke dalam adonan perkedel jagung, karena telur dapat mengikat adonan, sehingga tetap kokoh saat digoreng.

Tetapi, berbeda dengan warganet di akun YouTube AgaShioo Yuu, ia punya trik lain yang nggak kalah ampuh bikin adonan antiambyar saat digoreng. Menurutnya, trik ini ekonomis banget karena tak perlu pakai telur sama sekali. Di sisi lain, hasil gorengan perkedel jagung juga renyah maksimal. Lantas, gimana sih triknya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya