Tanpa soda kue atau baking powder, begini cara membuat adonan bakwan yang renyah tahan lama

Tanpa soda kue atau baking powder, begini cara membuat adonan bakwan yang renyah tahan lama
foto: YouTube/Ghaziya Warita

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka bakwan? Gorengan satu ini sangat digemari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti suka menyantap bakwan sebagai camilan saat bersantai di rumah.

Dibandingkan gorengan lain, bakwan memang jenis gorengan yang paling mudah dibuat. Kamu bahkan bisa menggunakan berbagai macam bahan seadanya untuk membuat bakwan ini. Misalnya sayur, mi, jagung, udang, teri, dan masih banyak lagi.

Namun untuk membuat bakwan, kamu butuh bahan utama, yakni tepung terigu. Dan untuk menambah tekstur bakwan, sejumlah orang biasanya akan menambahkan baking powder atau soda kue. Kedua bahan ini dianggap bisa merenyahkan tekstur bakwan setelah digoreng.

Walau bisa merenyahkan bakwan, namun soda kue dan baking powder juga memberikan efek lain, lho. Biasanya, rasa adonan bakwan jadi pahit jika takaran soda kue atau baking powder tidak pas. Nah, rasa pahit ini tentu akan sangat mengganggu dan bikin bakwan jadi kurang lezat.

Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan alternatif lain untuk merenyahkan adonan bakwan. Salah satunya adalah pengguna YouTube bernama Ghaziya Warita. Dalam salah satu unggahannya, dia membeberkan trik membuat bakwan yang renyah tahan lama walau tanpa soda kue atau baking powder. Penasaran caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya