Bukan pakai tepung terigu, ini trik bikin bakwan jagung agar renyah dan tak ambyar saat digoreng

Bukan pakai tepung terigu, ini trik bikin bakwan jagung agar renyah dan tak ambyar saat digoreng
YouTube/Mbok Midut

Brilio.net - Bakwan jagung cocok disajikan sebagai camilan saat bersantai di rumah. Selain itu, bakwan jagung juga lezat ketika disajikan sebagai pendamping lauk makan, lho. Perpaduan tekstur yang renyah dan rasa manis alami dari jagung membuat jenis bakwan satu ini selalu bikin ketagihan.

Seperti namanya, bakwan jagung dibuat dari jagung pipil yang dicampur dengan adonan tepung. Ada juga yang menambahkan bahan lain, seperti sayur atau ebi untuk memperkaya tekstur dan rasanya. Adonan bakwan lantas digoreng di minyak banyak supaya lebih garing.

Bakwan jagung memang bisa dikreasikan dengan banyak bahan lain. Tapi apapun kreasinya, bahan utamanya tetap jagung pipil dan tepung terigu. Jenis tepung ini bisa mengikat bahan-bahan lain, sehingga bakwan tak mudah ambyar saat digoreng.

Walaupun berguna untuk mengikat bahan, namun tahu nggak sih, penggunaan tepung terigu terkadang justru bikin bakwan jadi lembek. Padahal adonan bakwan yang lembek bisa membuatnya menyerap banyak minyak ketika digoreng. Tekstur bakwan yang lembek dan berminyak tentu kurang lezat saat disantap.

Untuk menghasilkan bakwan jagung yang renyah dan garing, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mbok Midut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan tepung terigu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya