Trik bikin adonan perkedel jagung yang renyah, antilembek, dan nggak menyerap banyak minyak

Trik bikin adonan perkedel jagung yang renyah, antilembek, dan nggak menyerap banyak minyak
foto: YouTube/Ade Koerniawan

Brilio.net - Perkedel pada dasarnya bisa dibuat dari berbagai bahan, salah satunya jagung. Perkedel jagung atau bakwan jagung adalah jenis gorenganyang terbuat dari bahan dasar jagung pipil. Jagung tadi lantas dicampur dengan tepung terigu, daun bawang, dan bumbu-bumbu rempah.

Membuat perkedel jagung sebenarnya cukup mudah, loh. Semua bahan di atas tinggal dicampur jadi satu dan dilarutkan dengan air. Nah, adonan perkedel jagung ini bisa langsung digoreng hingga matang.

Walau sekilas tampak mudah, namun ternyata masih banyak orang yang gagal membuat perkedel jagung, lho. Hal ini biasanya ditandai dengan hasil perkedel jagung yang terlalu berminyak karena lembek. Padahal perkedel jagung yang enak punya tekstur garing dan renyah.

Untuk menghasilkan perkedelseperti itu, adonan yang dibuat juga harus pas. Bahan-bahan perlu diperhatikan karena bisa memengaruhi tekstur akhir perkedel jagung setelah digoreng. Dengan begitu, perkedel jagung bisa renyah dan antilembek.

Beruntungnya, Chef Ade Koerniawan pernah membagikan trik membuat adonan perkedel jagung melalui YouTube pribadinya. Jebolan MasterChef Indonesia musim keenam ini menggunakan bahan-bahan sederhana. Dilansir BrilioFood pada Selasa (13/6), ada juga bahan tambahan khusus yang dipakai supaya hasil adonan lebih krispi.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya