Trik agar kentang mustofa tak menggumpal dan lengket saat digoreng, ampuh tanpa direndam kapur sirih

Trik agar kentang mustofa tak menggumpal dan lengket saat digoreng, ampuh tanpa direndam kapur sirih
YouTube/Miss NN

Brilio.net - Kentang mustofa renyah, dibuat dari serutan atau irisan tipis kentang. Lalu digoreng dan dimasak dengan bumbu bercita rasa gurih manis.

Sayangnya walau diiris tipis, nggak semua orang bisa menghasilkan kentang mustofa yang renyah, lho. Sebagian orang mengeluhkan tentang kondisi kentang yang justru menggumpal dan lengket, terlebih ketika digoreng dengan bumbu. Padahal kentang yang menggumpal bisa bikin teksturnya justru lembek.

Usut punya usut, ada trik khusus untuk mengolah kentang mustofa. Mulai dari proses pemotongan, perendaman, hingga penggorengan harus diperhatikan. Salah satu trik yang paling umum dilakukan adalah dengan merendam kentang di air kapur sirih. Selain bikin lebih renyah, air kapur sirih dipercaya bisa membuat kentang nggak menggumpal dan lengket saat digoreng, lho.

Namun selain dengan air kapur sirih, sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah ampuh untuk dipraktikkan. Seorang pedagang kentang mustofa pernah membagikan trik tersebut melalui akun YouTube Miss NN. Dalam video yang diunggah, dia mengaku hendak memberikan tanggapan terhadap banyak orang yang kerap bertanya tentang trik tersebut.

"Buat teman-teman yang pada nanyain, kenapa sih kalau goreng kentang itu suka ngegumpal, terus nempel-nempel, gitu. Nah ini tips dari aku berdasarkan pengalaman jual kentang mustofa," ujar YouTube Miss NN, dikutip BrilioFood pada Sabtu (15/7).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya