Aksi cerdas warganet mencetak bakso ini lebih cepat dan bentuknya bulat mulus tanpa mengotori tangan

Aksi cerdas warganet mencetak bakso ini lebih cepat dan bentuknya bulat mulus tanpa mengotori tangan
TikTok/@pudingbrownies dan TikTok/@andinskitchen

Brilio.net - Makanan berkuah seperti bakso memang selalu cocok disantap untuk menghangatkan badan. Biasanya bakso disajikan bersama bihun, mi kuning, dan sayuran. Tambahan seledri dan bawang goreng juga membuat sajian bakso selalu nikmat disantap.

Untuk membuat bakso, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging giling. Ada banyak jenis daging yang bisa digunakan. Misalnya daging sapi, daging ayam, bahkan daging ikan pun bisa diolah jadi bakso yang enak.

Selain daging, adonan bakso biasanya dicampur dengan tepung, telur, dan aneka bumbu untuk menambah cita rasanya. Nah, adonan bakso yang sudah jadi lantas akan dicetak berbentuk bulat. Ada yang memilih menggunakan cetakan khusus supaya lebih cepat. Namun ada juga yang justru memilih menggunakan tangan dan mencetak bakso secara manual.

Sayangnya, proses mencetak bakso ini terkadang jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Terlebih jika adonannya dicetak menggunakan tangan. Biasanya adonan bakso yang lembek jadi sulit diatur, sehingga hasilnya pun nggak bisa bulat sempurna. Selain itu, tangan jadi kotor karena harus mengambil dan mencetak adonan bakso yang lengket.

Padahal tahu nggak sih, sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk mencetak bakso agar lebih cepat dan nggak bikin tangan kotor, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @ulylfadhillah. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu alat sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya