Trik mengukus pisang agar warnanya tetap cerah, kulit utuh, tak menghitam, dan kelembekan

Trik mengukus pisang agar warnanya tetap cerah, kulit utuh, tak menghitam, dan kelembekan
YouTube/Lilis Rahma

Brilio.net - Pisang termasuk jenis buah cocok diolah jadi berbagai macam camilan. Misalnya untuk bahan dasar bolu, keripik, kue, isian minuman, dan lainnya. Rasa manisnya yang khas dan teksturnya yang lembut membuat buah tropis satu ini memang

Selain dijadikan campuran berbagai macam menu, pisang juga lezat ketika dimakan langsung. Beberapa jenis pisang memang bisa dimakan langsung saat sudah matang. Namun ada juga yang lebih enak jika dimasak dulu, apalagi supaya teksturnya makin lembut. Contohnya pisang kepok, pisang tanduk, atau pisang ambon.

Cukup kukus pisang selama beberapa menit juga sudah bisa langsung dimakan. Proses mengukus ini tak cuma bikin teksturnya makin lembut, tapi juga bisa menambah cita rasanya, lho.

Sekilas, mengukus pisang memang jadi pekerjaan mudah. Namun ternyata banyak yang masih gagal, lho. Hal ini bisa ditandai dengan bagian kulit pisang yang pecah atau terbuka. Ada juga yang mendapati kondisi pisang justru hitam atau kelembekan.

Usut punya usut, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan saat mengukus pisang. Lebih jelasnya, kamu bisa menyimak trik mengukus pisang yang dibagikan oleh pengguna YouTube Lilis Rahma. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menerapakan trik khusus agar hasil pisang kukusnya tetap utuh, tidak menghitam, dan matang sempurna.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya