Jangan direbus, ini trik membuat urap sayur agar tetap segar tahan lama dan nggak lembek

Jangan direbus, ini trik membuat urap sayur agar tetap segar tahan lama dan nggak lembek
YouTube/Bunda Amanda

Brilio.net - Seperti namanya, urap sayur merupakan menu berbahan dasar sayuran. Biasanya jenis sayuran yang digunakan adalah kubis, kecambah, bayam, hingga wortel. Aneka sayur ini lantas disajikan dengan bumbu urap yang terbuat dari kelapa parut dan campuran rempah-rempah.

Urap sayur menjadi salah satu menu yang kerap disajikan ketika ada acara besar. Misalnya saat syukuran, ulang tahun, hingga perayaan hari besar. Selain itu, urap sayur juga sering dijadikan menu pendamping pada berbagai sajian katering. Karena dibuat dari bahan dasar sayuran, menu satu ini tentu menyehatkan.

Sayangnya, urap sayur ini termasuk menu yang tidak bisa dihidangkan untuk waktu lama. Selain karena sayurnya sudah melalui proses perebusan pakai banyak air, bumbu urap yang terbuat dari kelapa parut juga bikin makanan satu ini mudah basi. Dalam waktu kurang dari 12 jam saja, urap sayur ini bisa terasa asam dan mengeluarkan aroma tak sedap, lho.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Bunda Amanda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan resep sekaligus trik yang diterapkan saat membuat urap sayur. Trik tersebut bisa bikin urap sayurnya jadi tahan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya