Brilio.net - Tikar biasanya dibuat dari bahan alami seperti bambu, rumput laut, jerami, dan lain-lain. Tikar sering dimanfaatkan sebagai alas untuk duduk di alam terbuka, seperti di warung angkringan ataupun tempat camping. Di sisi lain, tak jarang tikar juga dimanfaatkan sebagai alas saat menjemur bahan makanan seperti kerupuk, ikan asin, tempe, dan lainnya.

Lantaran sering diletakkan langsung di atas tanah atau rumput, nggak heran tikar mudah berubah jadi dekil dan berbau tak sedap. Banyak orang bingung bagaimana trik membersihkan tikar kotor, apalagi ukuran tikar umumnya cukup besar dan membutuhkan tenaga ekstra saat mencucinya. Alhasil, sejumlah orang memilih merendamnya dengan larutan sitrun biar nodanya cepat bersih.

Namun jika tak ada stok sitrun atau sulit menemukannya di toko dekat rumah, masih ada alternatif bahan lain yang bisa digunakan dalam mencuci tikar. Seperti dalam trik yang sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube EK TV Channel. Pria ini diketahui memiliki bisnis laundry, sehingga ilmunya soal membersihkan tikar nggak perlu diragukan lagi.