Brilio.net - Kain pel merupakan salah satu peralatan bersih-bersih yang biasa digunakan untuk mengepel lantai ruangan. Biasanya kain pel terbuat dari bahan katun dan berbentuk seperti kain yang dipilin. Namun selain kain pel tersebut, ada juga yang memakai kain pel dari bahan microfiber karena dinilai lebih ampuh menyerap kotoran di lantai.

Sebaiknya, kain pel segera dicuci setelah dipakai untuk mengepel lantai. Hal tersebut untuk mencegah kotoran lantai menempel pada kain pel dan menjadi noda membandel. Kain pel yang kotor juga tidak akan berfungsi secara maksimal dan membuat lantai jadi bau amis.

Kain pel yang kotor biasanya ditandai dengan noda berwarna cokelat hingga kehitaman. Kalau dibiarkan dalam waktu lama, noda tersebut akan membuat kain pel yang awalnya terlihat kinclong jadi kusam dan dekil serta tidak terawat. Kalau sudah begitu, diperlukan bahan pembersih khusus untuk menghilangkan nodanya.

Hal itu juga yang dialami oleh pengguna TikTok @buronanemakk. Dalam salah satu unggahannya, dia memperlihatkan kondisi kain pelnya yang buluk karena dipenuhi noda dan kotoran. Dia pun ingin mencuci kain pel tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah.

"Ini rahasia nyuci kain pel jadi seperti baru. Bahannya simpel, mudah didapat dan murah," ucapnya, dilansir brilioFood pada Selasa (16/1).