Brilio.net - Meluangkan waktu untuk menekuni hobi merawat tanaman bisa jadi 'healing' dari kesibukan sehari-hari, lho. Buat kamu yang tertarik untuk mencoba merawat tanaman, ada berbagai jenis tanaman sederhana yang mudah dirawat, salah satunya kemangi. Kemangi dikenal mudah tumbuh dalam beberapa minggu usai ditanam.

Nantinya, setelah daun-daun kemangi tumbuh rimbun, tanaman ini bisa langsung dipanen untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual ke pasaran. Bahkan, biar daunnya tumbuh semakin rimbun, kamu juga bisa memberi pupuk seperti garam, micin, ataupun pupuk organik lain sesuai kebutuhan. Namun yang jadi tantangan saat merawat kemangi, tanaman ini sangat disukai oleh hama, sehingga harus terus dijaga biar tak diserang hama.

Jenis hama seperti semut atau kutu daun paling sering hinggap di tanaman kemangi. Kalau tanaman kemangi sudah telanjur diserang oleh hama, banyak orang memilih membasminya dengan air larutan bawang ataupun sabun cuci piring. Tetapi, masih ada cara lain yang jauh lebih sederhana lho, seperti dalam unggahan yang dibagikan oleh YouTube Channel Nya Kang Japra.