Bahan dapur yang dimaksud adalah penyedap rasa dan roti. Selain itu, ia juga menambahkan obat nyamuk bakar sebagai bahan tambahan untuk membuat racun tikus.

foto: TikTok/@chonk_green_story

Pertama-tama, potong-potong kecil obat nyamuk bakar. Lalu haluskan jadi bubuk, bisa pakai palu.

"Caranya, siapkan obat nyamuk, kemudian potong kecil-kecil dan haluskan sampai teksturnya halus seperti bubuk," jelasnya.

Selanjutnya, sobek-sobek roti lalu isi bagian tengahnya dengan bubuk obat nyamuk bakar. Kemudian tutup atau bulatkan roti jadi bentuk bola. Sisihkan roti yang sudah dibentuk bulat.

foto: TikTok/@chonk_green_story

"Langkah berikutnya, siapkan umpan sebuah roti. Kemudian bentuk roti seperti wadah kecil. Masukkan serbuk obat nyamuknya ke dalam roti yang sudah dibuat dan hasilnya bakal seperti ini. Bulat seperti bola," sambungnya.

Kemudian tuang penyedap rasa ke wadah kecil. Ambil roti yang sudah dibentuk bulat tadi, lumuri dengan bumbu penyedap. Setelah semua roti dilumuri dengan bumbu penyedap, racun tikus sudah siap digunakan.

foto: TikTok/@chonk_green_story

Menurut pengguna TikTok tersebut, tikus suka dengan aroma bumbu penyedap, sehingga dapat dijadikan umpan.

"Langkah terakhir, siapkan bumbu royco, lalu masukkan ke dalam wadah kecil. Kemudian bola-bola yang sudah dibuat langsung balurkan pada bumbu royconya. Bau aroma royco akan membuat tikus langsung suka," terangnya.

foto: TikTok/@chonk_green_story

Letakkan racun tikus tersebut di tempat atau di sudut yang kerap dilewati tikus. Misalnya di bawah meja, gudang, atau di beberapa sudut dapur rumah. Saat tikus datang, ia akan menyantap umpan tersebut dan mati karena di dalamnya terdapat bubuk obat nyamuk.

"Untuk caranya, kalian hanya taruh di tempat di mana tikus bersarang, di bawah meja gudang atau di tempat lain tikus suka mondar-mandir," pungkasnya.