Bukan diberi tepung, ini trik goreng ikan antilengket dan minyaknya nggak meletup pakai 2 bahan dapur

Bukan diberi tepung, ini trik goreng ikan antilengket dan minyaknya nggak meletup pakai 2 bahan dapur
foto: TikTok/@salmah_umir

Brilio.net - Lauk yang digoreng memang paling gampang dibuat di rumah. Kamu bisa memilih aneka lauk buat digoreng seperti ayam, udang, cumi, ikan, dan lain sebagainya untuk disantap bersama keluarga. Ikan sepertinya jadi menu andalan banyak orang, ya? Pasalnya, ikan punya rasa enak dan daging bertekstur lembut.

Di samping itu, ikan juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, ikan memiliki protein, vitamin D, asam lemak omega-3, sampai aneka mineral. Beberapa nutrisi di dalam ikan tersebut bisa bantu turunkan risiko terkena kanker dan stroke, menguatkan imun, meningkatkan fungsi otak, dan lain sebagainya.

Masak ikan dengan teknik menggoreng kerap dihindari banyak orang, terutama bagi pemula soal memasak, karena ikan bisa lengket di wajan dan minyaknya mudah meletup ke mana-mana saat digoreng. Padahal, kendala-kendala ini bisa diatasi dengan sejumlah trik lho, salah satunya menaburkan tepung ke minyak sebelum menggoreng ikan.

Di sisi lain, ada pula trik lain kalau kamu nggak ingin menggunakan tepung sama sekali, lho. Trik ini sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @salmah_umir. Menurutnya, kunci paling utama menggoreng ikan yang aman yakni memastikan bahan ini tidak dalam kondisi basah saat digoreng. Kamu bisa menyerap kadar air pada ikan pakai tisu dapur.

"Keringkan ikan dahulu," tegas warganet akrab disapa Salmah ini, dikutip BrilioFood dari TikTok @salmah_umir pada Kamis (1/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya