Bukan digosok sabun batang, ini trik bersihkan teko plastik yang kusam agar bening lagi seperti baru

Bukan digosok sabun batang, ini trik bersihkan teko plastik yang kusam agar bening lagi seperti baru
foto: TikTok/@homelovingid

Brilio.net - Teko air menjadi peralatan dapur yang wajib ada di rumah. Fungsi utama peralatan ini adalah untuk menyimpan air minuman dalam jumlah yang cukup banyak. Nah, karena fungsi tersebut, teko air kerap dimanfaatkan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah dengan minuman yang ada di dalamnya. Dengan begitu, penggunanya tak perlu mondar-mandir mengambil air untuk mengisi ulang gelas yang disajikan untuk tamu.

Ada banyak sekali jenis teko air yang kerap digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Nah, jenis ini bisa dibedakan dari bahan dasar teko tersebut. Misalnya ada yang berbahan alumunium, kaca, atau plastik.

Di antara banyak jenisnya, teko berbahan plastik paling sering dipilih karena ringan dan perawatannya pun mudah. Walaupun begitu, teko yang sudah sangat lama biasanya akan berubah tampilannya. Jika teko yang dipakai memiliki tampilan bening, akan sangat mungkin permukaannya jadi kusam dan buram seiring penggunaan.

Biasanya noda kusam di teko plastik ini berasal dari residu minuman yang mengerak. Misalnya dari residu teh atau kopi yang tidak bisa hilang ketika dicuci dengan sabun. Nah, residu yang semakin menumpuk akan menebal dan membuatnya semakin sulit dibersihkan.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang akan mencucinya dengan cara khusus. Salah satunya adalah dengan menggosok permukaan teko menggunakan sabun batang. Usut punya usut, sabun batang dinilai dapat membuat teko semakin kinclong.

Namun alih-alih menggunakan sabun batang, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna TikTok @homelovingid. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya