Cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok @evadjafarr. Dalam salah satu videonya, warganet satu ini membagikan tutorial menyimpan daun kemangi di suhu ruang agar tetap segar dan awet selama seminggu.

Selain mudah, untuk mempraktikkan cara ini kamu nggak perlu menyiapkan bahan apa pun. Cukup siapkan alat-alatnya saja, yakni kertas dan plastik.

Daun kemangi yang akan disimpan tak perlu dicuci terlebih dahulu. Cukup diusap dengan lap bersih ataupun tisu.

foto: TikTok/@evadjafarr

Sambil dilap, kamu bisa menyisihkan daun kemangi yang sudah tampak layu. Biasanya daun yang layu tampak mengerut dan berwarna kekuningan.

foto: TikTok/@evadjafarr

Setelah itu, bungkus kemangi dengan tisu kering. Penggunaan tisu kering ini bertujuan menyerap uap air yang ada di daun kemangi.

"Setelah itu masukkan ke dalam plastik dan simpan kemangi di suhu ruang. Begini cara simpan kemangi yang benar awet hingga seminggu," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube @mycookingtips pada Selasa (21/3).

foto: TikTok/@evadjafarr

Meski di suhu ruang, pastikan kamu menyimpan bungkusan plastik di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung, ya.

Saat akan digunakan, tinggal keluarkan daun kemangi dari dalam plastik dan tisu kering. Dijamin dengan cara ini daun kemangi tetap segar, tidak layu, dan warnanya masih hijau cerah. Tertarik mencobanya?

Cara simpan daun kemangi
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista


Video milik TikTok @evadjafarr ini sontak menyita perhatian warganet. Selain sudah ditonton sebanyak 13 ribu kali, video ini juga disukai oleh 361 akun TikTok lainnya.