foto: TikTok/@newmerapiresto

Jika wajan sudah panas, siram dengan minyak. Ratakan ke seluruh permukaan wajan. Tunggu hingga panas dan keluar asap. Kemudian tiriskan minyak. Kemudian masukkan bahan dan bumbu. Mulai dari telur, bawang putih, dan nasi.

foto: TikTok/@newmerapiresto

Aduk-aduk nasi dengan cara ditekan-tekan agar tidak menggumpal dan bumbu tercampur dengan rata. Kamu bisa menggunakan sendok sayur stainless steel saat mengaduk dan menekan nasi saat dimasak. Lakukan proses ini selama satu menit menggunakan api sedang.

foto: TikTok/@newmerapiresto

Jika sudah tercampur rata, angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Metode yang dinamakan proses base ini bertujuan membuat nasi tidak menggumpal saat dimasak. Penggunaan sendok sayur sendiri dapat membuat tekanan yang lebih kuat sehingga nasi tidak menggumpal dan menempel di wajan penggorengan.

foto: TikTok/@newmerapiresto

Kemudian masuk ke tahap mencampur nasi dengan bumbu dan sayur. Gunakan wajan bersih, lakukan proses pemanasan wajan dan minyak seperti pada tahap awal. Lalu masukkan telur, bawang putih, dan sayuran. Aduk-aduk lagi.

Setelah itu masukkan nasi yang sudah melalui proses base tadi. Tambahkan bumbu dan aduk hingga rata. Masak kurang lebih selama dua menit menggunakan api sedang. Setelah itu, angkat dan sajikan. Nah, nasi goreng yang dimasak dengan trik ini cenderung tidak menggumpal dan berminyak, lho.

foto: TikTok/@newmerapiresto

Dengan minimnya penggunaan minyak, nasi goreng pun bisa lebih pecah dan tidak mudah menggumpal. Selain itu, penggunaan nasi dingin membuat nasi yang digoreng tidak lembek atau lebih kaku. Sehingga, nasi tidak mudah lengket atau menempel, baik di wajan, sendok sayur, ataupun di spatula yang digunakan saat memasak.

Saat memasak nasi goreng, pastikan untuk tidak menggunakan api yang besar, ya. Karena api besar akan menimbulkan aroma gosong pada nasi goreng. Di sisi lain, hindari juga menggunakan api terlalu kecil biar proses memasak lebih cepat.

Dengan begitu, kamu bisa membuat nasi goreng yang lezat bak restoran.