Tanpa tepung, ini 13 cara membuat keju mozarella ala rumahan

Tanpa tepung, ini 13 cara membuat keju mozarella ala rumahan
TikTok/@masakmakanmacak

Brilio.net - Keju sudah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Di mana tempat asal pembuatan keju belum terbukti pasti, lho. Beberapa sejarah mengatakan, keju kemungkinan berasal dari Eropa, Asia Tengah, maupun Timur Tengah.

Ada begitu banyak jenis kejuyang dapat dibedakan dari tekstur maupun rasa. Satu di antara banyaknya keju, mozarella termasuk primadona, lho. Saking enak dan terkenalnya mozarella, keju satu ini pun sering dipakai untuk bahan aneka hidangan. Misalnya isian burger, corn dog, pizza, sandwich, maupun berbagai camilan lainnya.

Pasalnya, keju mozarella dapat menghasilkan tekstur lumer jika dipanaskan. Sensasi makan keju lumer ini dianggap begitu nikmat. Sayangnya dibanding keju cheddar, mozarella ini punya harga relatif lebih tinggi di pasaran, lho. Sehingga, beberapa orang pun enggan membelinya.

Nah, kalau kamu ingin makan mozarella dengan harga yang lebih ekonomis, coba untuk membuatnya sendiri di rumah. Sudah banyak resep keju mozarella tersebar di media sosial. Namun, kebanyakan orang membuat keju ini masih pakai tambahan tepung. Rupanya, nggak melulu pakai tepung, lho.

Keju mozarella sebenarnya bisa dibuat dengan cara lain. Cukup pakai tiga bahan dasar jadi seolah murni dari susu, lho. Meski cara membuatnya cukup rumit, keju mozarella homemade ini bakalan mirip banget dengan aslinya.

"marikitacoba membuat keju mozarella homemade 3 bahan aja udah jadi loh," tulisnya.

Penasaran bagaimana resep keju mozarella ala rumahan? Berikut 13 cara membuat keju mozarella telah BrilioFood lansir dari TikTok/@masakmakanmacak, Rabu (14/9).

Bahan yang dibutuhkan:
- 1 liter susu sapi segar
- 7 sdm cuka
- 2 sdm garam

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya