Brilio.net - Petai identik sebagai makanan khas rumahan. Petai sering dikreasikan jadi berbagai hidangan lezat. Contohnya tumis petai, sambal petai, petai goreng, maupun menu lainnya. Di sisi lain, jenis polong-polongan ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, petai dapat mengatasi diabetes, hipertensi, juga permasalahan ginjal. Nutrisi pada petai juga beragam mulai dari serat, mineral, vitamin, potassium, dan lain sebagainya. Meski dikenal lezat dan bernutrisi, sayangnya tidak sedikit orang yang tidak suka petai, lho.

Salah satu alasannya karena petai memiliki aroma begitu menyengat. Aroma pada petai ini bisa bertahan lama di mulut, tapi juga pada kamar mandi usai orang yang makan petai buang air kecil. Usut punya usut, bau dari petai ini berasal dari senyawa bernama djenkolic acid yang bisa turun bersama urine saat buang air kecil.

Tapi, ada informasi bermanfaat nih buat penggemar petai. Dari sekarang, kamu tak perlu lagi khawatir dengan bau petai. Salah seorang warganet bernama Warni punya triknya nih untuk menghilangkan aromanya. Menurutnya, trik ini ampuh banget biar bau pada petai hilang.

"Jadi saat kita pipis (usai makan petai) kamar mandinya tuh nggak bau," jelas Warni dikutip BrilioFood dari YouTube/Warni Channel pada Minggu (27/11).