10 Makanan dan minuman dihindari Acha Septriasa, jaga kesehatan ginjal

17 / 05 / 2022 13:07 WIB Shahfara Raida
10 Makanan dan minuman dihindari Acha Septriasa, jaga kesehatan ginjal
foto: Instagram/@septriasaacha

Brilio.net - Acha Septriasa diketahui punya kondisi tubuh berbeda dibanding orang-orang pada umumnya. Seperti diketahui, pemain film Heart ini hanya memiliki satu organ ginjal. Acha Septriasa pun mengaku baru mengetahui kondisi tersebut di usia 18 tahun.

Kala itu dirinya memeriksakan diri ke dokter lantaran mengalami rasa sakit di bagian kiri perut dan sering pingsan. Sejak mengetahui kondisi tersebut, Acha Septriasa pun semakin memperhatikan kondisi kesehatannya. Apalagi Acha memiliki segudang aktivitas yang cukup padat.

"Di cari di sebelah kiri ada apa. Terus kok ginjalnya gede banget. Terus dicek sebelah kanan, kok kosong, nggak ada ternyata. Nah, dari situ baru ketahuan bahwa aku memiliki satu ginjal dan itu dari dulu," jelas Acha Septriasa dilansir dari YouTube/NGOBROL ASIX.

Agar tubuhnya tetap fit dan kesehatan ginjalnya terjaga, Acha Septriasa memiliki aturan tersendiri saat menjalani aktivitasnya. Seperti tidak boleh beraktivitas sampai terlalu lelah, pulang maksimal jam 11 malam, minum air putih yang banyak, dan rutin buang air kecil. Semua aturan tersebut dibikin agar tetap bisa hidup normal walaupun hanya dengan satu ginjal.

"Kalau lagi kecapekan memang kerasa lebih berat kerjaannya. Tapi kayak yang misalnya jadinya pingsan atau sakit yang berlebihan itu nggak ada, karena aku benar-benar udah tahu banget kalau aku nggak boleh nahan pipis dan harus minum," ujar Acha Septriasa.

Acha Septriasa pun mengaku dirinya harus minum air putih sekitar 3,5 liter dalam sehari. Seperti diketahui, air putih dapat membantu membersihkan ginjal agar tetap sehat. Di sisi lain, ia juga punya sejumlah pantangan makanan dan minuman agar ginjalnya tetap terjaga.

Penasaran apa saja yang kerap dihindari ibu satu anak ini? Berikut 10 makanan dan minuman dihindari Acha Septriasa buat jaga kondisi ginjal, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (17/5).

1. Soda.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Artem Beliaikin

Soda termasuk minuman yang dihindari oleh Acha Septriasa. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, soda umumnya mengandung asam fosfat yang bisa menyebabkan perubahan urin. Perubahan tersebut berisiko kurang baik buat kesehatan ginjal, salah satunya bisa jadi penyebab batu ginjal.

2. Produk susu.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Adonyi Gbor

Acha Septriasa juga menghindari mengonsumsi aneka produk susu tertentu. Sebisa mungkin, ia memilih susu yang murni. Dilansir dari zeenews.india.com, aneka produk susu bisa berisiko menyebabkan komplikasi pada orang-orang dengan kondisi ginjal tertentu.

3. Jus kemasan.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: YouTube/Acha Septriasa

Senang minum-minuman segar, seperti jus buah-buahan, sebisa mungkin Acha Septriasa memilih jus yang murni, bukan dari produk olahan yang dijual di pasaran. Saat ingin mengonsumsi jus jeruk, Acha membuat sendiri dari jeruk murni, lho. Dilansir dari healthline.com, produk jus yang dijual di pasaran umumnya tinggi potassium dan gula tambahan yang kurang baik buat kesehatan ginjal.

"Jeruk murni asli bukan dari botol," jelas Acha Septriasa sembari meminum jusnya dilansir dari YouTube/Acha Septriasa.

4. Minuman cokelat kemasan.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Nadi Lindsay

Minuman cokelat kemasan yang dijual di pasaran juga tidak dikonsumsi oleh Acha Septriasa. Dilansir dari davita.com, minuman cokelat ini biasanya mengandung tinggi gula tambahan yang kurang baik buat kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya.

5. Minuman berenergi.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Sean Patrick

Minuman berenergi mempunyai komposisi yang hampir mirip dengan soda, sehingga minuman ini pun dihindari oleh Acha Septriasa. Dilansir dari urologysouthbend.com, minuman berenergi ini bisa berisiko menyebabkan batu ginjal dan permasalahan ginjal lainnya.

6. Makanan terlalu pedas.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Artem Beliaikin

Acha Septriasa sebenarnya belum mengetahui lebih lanjut soal bahaya makanan pedas terhadap ginjal, tetapi ia sebisa mungkin menguranginya, karena segala hal yang berlebihan menurutnya kurang baik. Jadi, walaupun sangat suka dengan makanan pedas, Acha Septriasa tetap mengurangi porsinya saat mengonsumsinya sehari-hari.

7. Makanan terlalu asam.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Pixabay

Makanan terlalu asam juga tak dikonsumsi Acha Septriasa secara berlebih. Dilansir dari sciencedaily.com, orang-orang yang banyak mengonsumsi asam lebih berisiko mengalami permasalahan ginjal dibanding yang jarang mengonsumsinya.

8. Makanan mengandung pengawet.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Matheus Henrin

Acha Septriasa juga sangat menjaga asupan nutrisi keseharian dan menghindari aneka makanan mengandung pengawet. Sehingga, berbagai camilan, makanan instan, dan makanan mengandung pengawet lainnya tak dikonsumsi olehnya.

Dilansir dari sciencedaily.com, makanan berpengawet ini bisa meningkatkan tekanan darah yang salah satu risikonya bisa memicu permasalahan ginjal.

"Makanan pengawet juga engga, jadi aku jaga banget," ucap Acha Septriasa dilansir dari YouTube/NGOBROL ASIX.

9. Minyak goreng.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: YouTube/Acha Septriasa

Senang masak, Acha Septriasa menghindari penggunaan minyak goreng yang kurang sehat. Ia pun jarang memasak gorengan dan lebih banyak bikin aneka tumisan maupun panggangan. Kalau pakai minyak pun, Acha Septriasa menggunakan alternatif yang lebih sehat seperti olive oil.

10. Junk food.

Makanan dan minuman dihindari Acha  berbagai sumber

foto: Pexels/Valeria Boltneva

Seperti disebutkan sebelumnya, Acha Septriasa menghindari makanan mengandung pengawet. Sehingga, otomatis ia juga tak makan aneka junk food. Dilansir dari tribuneindia.com, junk food tinggi lemak jenuh yang bisa mengganggu kerja organ ginjal.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya