10 Sayuran ini bagus untuk kesehatan otak, bisa pertajam daya ingat

17 / 05 / 2022 20:01 WIB Shahfara Raida
10 Sayuran ini bagus untuk kesehatan otak, bisa pertajam daya ingat
foto: Unsplash/Robina Weermeijer

Brilio.net - Otak perlu dijaga kesehatannya karena organ tubuh satu ini penting buat kehidupan sehari-hari. Pasalnya, otak digunakan untuk berpikir dan mengingat. Dilansir dari myhometouch.com, jika kesehatan otak tidak dijaga, salah satu risikonya yakni bisa-bisa bikin cepat pikun, lho.

Ada sejumlah cara menjaga kesehatan otak. Dilansir dari kpwashingtonresearch.org,otak bisa dijaga dengan cara mencegah kepala dari benturan, rutin olahraga, mengurangi konsumsi aneka obat-obatan, tidur yang cukup, melakukan aktivitas yang bikin otak bekerja aktif, serta menjalankan pola makan sehat.

Sudah jadi rahasia umum, jika ada banyak makanan yang memiliki sejumlah nutrisi buat otak. Salah satu yang paling populer adalah ikan. Ikan mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat buat otak, lho. Dilansir dari healthline.com, asam lemak omega-3 pada ikan bisa menjaga daya ingat dan mencegah seseorang terkena demensia.

Selain ikan, ada pula sejumlah sayuran yang nutrisinya baik buat otak, lho. Penasaran apa saja sayurannya? Berikut 10 sayuran yang bagus untuk kesehatan otak, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (17/5).

1. Kale.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Char Beck

Tak banyak yang tahu, kale ternyata tinggi nutrisi dan bisa menyehatkan otak, lho. Dilansir dari forbes.com, kale punya nutrisi bernama lutein. Nah, lutein ini nggak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, lho. Dengan mengonsumsi kale, otak bisa mendapatkan lutein untuk tetap sehat dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti daya ingat yang menurun.

2. Bayam.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Louis Hansel

Bayam sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya buat kesehatan, terutama otak. Dilansir dari tasteofhome.com, bayam punya sejumlah nutrisi buat mempertajam daya ingat, contohnya ada asam folat, zat besi, kalsium, vitamin E, serta vitamin K.

3. Brokoli.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Tyrrell Fitness And Nutrition

Tinggi antioksidan, brokoli juga ampuh banget menjaga kesehatan otak, nih. Dilansir dari regionalneurological.com,brokoli bisa mencegah penurunan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Hal ini dikarenakan sayur satu ini tinggi antioksidan vitamin C serta flavonoid.

4. Seledri.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Daniela Paola Alchapar

Seledri bisa dikonsumsi langsung, dimasak, maupun diolah menjadi jus. Sayur hijau satu ini terkenal buat diet penurunan berat badan. Namun, ternyata ada manfaat lain dari seledri, lho, yakni buat otak. Dilansir dari nursingtimes.net, seledri bisa mencegah turunnya daya ingat.

5. Kubis.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Shelley Pauls

Kubis punya banyak jenisnya, mulai dari kubis putih, kubis mini, dan lainnya. Semua jenis kubis ini punya manfaat yang sama buat menunjang kesehatan otak, lho. Dilansir dari farmersalmanac.com, kubis mengandung vitamin K dan antosianin buat menjaga daya ingat dan konsentrasi.

6. Kembang kol.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Eric Prouzet

Kembang kol zaman sekarang nggak hanya dikonsumsi sebagai menu sayur saja. Bahkan, sudah banyak yang pakai sayur satu ini sebagai pengganti nasi. Selain jadi lebih sehat, juga bisa mendukung diet.

Kembang kol juga punya khasiat ampuh menjaga kesehatan otak, lho. Dilansir dari mrleesnoodles.com, kambang kol ini tinggi kolin dan vitamin B yang ampuh pencegah hilangnya daya ingat.

7. Tomat.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/

Tomat bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi segar, diolah jadi masakan, hingga diminum jadi jus. Dilansir dari pharmeasy.in, tomat mengandung sejumlah antioksidan, seperti likopen dan beta karoten. Keduanya ampuh banget mencegah kerusakan sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat, lho.

8. Wortel.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Armando Arauz

Banyak dikenal baik buat kesehatan mata, wortel juga nggak kalah bermanfaat buat otak, nih. Dilansir dari livescience.com, wortel mengandung luteolin yang bisa mencegah inflamasi pada otak. Pasalnya, inflamasi pada otak ini bisa bikin ingatan perlahan-lahan hilang.

9. Asparagus.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Christine Siracusa

Punya rasa yang enak, asparagus dapat dikreasikan jadi aneka hidangan. Nah, seperti sayuran hijau lainnya, asparagus juga sangat bermanfaat untuk otak. Dilansir dari memorymorsels.org, asparagus punya segudang vitamin dan mineral untuk mencegah kerusakan otak maupun penyakit demensia.

10. Selada.

Sayuran ini bagus buat otak  Unsplash

foto: Unsplash/Petr Magera

Selada kerap digunakan untuk salad, isian burger, maupun jadi lalapan. Sering disingkirkan, selada juga punya banyak nutrisi buat mencegah penurunan daya ingat, lho. Dilansir dari cookinglight.com, selada mengandung vitamin K, lutein, beta karoten, asam folat, dan masih banyak lagi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya