10 Trik mengepel lantai pakai tambahan bahan dapur ini antiribet, hasilnya kesat dan wangi

10 Trik mengepel lantai pakai tambahan bahan dapur ini antiribet, hasilnya kesat dan wangi
foto: YouTube/siti khoiriyah

Brilio.net - Lantai rumah termasuk area yang paling rentan kotor karena paling sering diinjak. Kotoran tersebut bisa berasal dari debu atau pasir yang terbawa oleh kaki. Selain itu, kotoran di lantai juga bisa disebabkan karena tumpahan makanan atau minuman. Oleh karena itu, lantai rumah harus dibersihkan secara rutin agar tetap bersih dan wangi.

Biasanya banyak orang yang menggunakan cairan khusus pembersih lantai yang dijual di pasaran untuk mengepel lantai. Saat mengepel, cairan pembersih lantai biasanya juga dicampur dengan sedikit air, barulah setelah itu diaplikasikan ke lantai.

Namun jika lantai jarang dibersihkan dan sangat kotor, mengepel dengan cairan pembersih lantai saja tidak cukup. Lantai akan sulit bersih dan kesat meski sudah dipel berkali-kali. Akhirnya banyak yang menggunakan bahan tambahan agar lantai rumah jadi lebih kesat dan wangi. Bahan yang digunakan adalah bahan dapur yang mudah didapatkan di rumah, seperti garam, cuka, dan sabun cuci piring. Ada juga yang menggunakan kombinasi ketiga bahan dapur tersebut agar lantai semakin bersih, kesat, dan wanginya tahan lama.

Nah, buat kamu yang ingin lantai rumahnya semakin kinclong, yuk simak 10 cara mengepel lantai pakai tambahan bahan dapur yang dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber, Jumat (15/3).

1. Pakai air panas, garam, dan sabun cuci piring.

10 Trik mengepel lantai pakai tambahan bahan dapur ini antiribet, hasilnya kesat dan wangi

foto: TikTok/@kalamerasa

Warganet di akun TikTok @kalamerasa mengaku punya trik lain buat mengepel lantai agar awet kesat bahkan sampai 3 hari, lho.

"Keset dan anti minyak-minyak lengket," tulisnya dalam unggahan TikTok @kalamerasa.

Pertama, siapkan baskom atau wadah untuk menampung air dan kain pel, lalu isi dengan air panas. Pemilik akun TikTok @kalamerasa mengatakan, ia selalu menggunakan air panas untuk mengepel karena bekerja lebih baik untuk mengangkat noda dibandingkan air suhu ruang biasa.

Selanjutnya, campurkan air panas tersebut dengan sedikit garam dan sabun cuci piring. Yup, garam dan sabun cuci piring inilah bahan utama untuk mempraktikkan trik mengepel lantai ini. Aduk hingga rata dengan kain pel.

Setelah itu, peras kain pel dan langsung gunakan untuk mengepel lantai. Dijamin, dengan trik ini, kamu cuma butuh mengepel satu kali saja hingga lantai kinclong dan kesat lagi. Jadi, nggak perlu buang-buang banyak tenaga buat mengepel berkali-kali, kan?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya