12 Trik agar air di termos awet panas, praktis andalkan bahan rumahan

12 Trik agar air di termos awet panas, praktis andalkan bahan rumahan
foto: YouTube/@carabertahanhidup

Brilio.net - Termos merupakan wadah minuman yang biasa dipakai untuk menyimpan minuman panas. Suhu panas di termos biasanya bisa bertahan hingga belasan jam bahkan dalam beberapa hari. Namun seiring dengan pemakaiannya, fungsi termos lama-kelamaan juga bisa menurun. Air panas di dalam termos akan lebih cepat dingin.

Kondisi tersebut tentu akan menyusahkan karena harus memasak air panas beberapa kali. Biasanya air termos cenderung cepat dingin karena fungsi tabung kaca yang mulai aus. Selain itu, termos yang sering diletakkan di atas lantai keramik atau wastafel juga dapat memicu air di dalam termos jadi lebih cepat dingin.

Agar air panas di dalam termos bisa awet berhari-hari, banyak orang yang menggunakan berbagai jenis cara, termasuk menambahkan beberapa bahan sederhana untuk membuat termos berfungsi secara maksimal. Misalnya, menambahkan plastik tahan panas hingga menambahkan kain lap di bagian dalam tabung termos. Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (19/3), 12 trik agar air di termos awet panas.

1. Diisi sedikit air panas, lalu termos digoyang-goyangkan.

12 Trik agar air di termos awet panas, praktis andalkan bahan rumahan

foto: YouTube/@carabertahanhidup

Ternyata ada cara lain yang bisa kamu praktikkan agar air di termos stainless steel jadi awet panas. Nggak cuma sepuluh atau dua belas jam, tapi bisa awet sampai berhari-hari, lho.

Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube @carabertahanhidup. Selain mudah ditiru, kamu juga nggak perlu modal sama sekali.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Siaben Survival, tuangkan air secukupnya ke dalam panci. Taruh panci di atas kompor lalu rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, angkat air panas.

Tuang air panas secukupnya ke dalam termos stainless steel. Cukup sedikit saja nggak usah sampai penuh. Lalu tutup rapat termos stainless steel.

"Lalu kita goyang-goyangkan termos sampai air panasnya merata ke seluruh bagian termos," ujarnya.

Jika air panas telah rata, buka termos lalu buang air panas di dalamnya. Proses selanjutnya, kamu bisa mengisi termos stainless steel dengan air panas sampai penuh.

Jangan lupa tutup rapat agar tak ada udara luar yang masuk ke dalamnya. Dengan begini, air panas di dalam termos pun jadi awet sampai lama.

"Air panas ini bertahan sampai 3 hari," ungkapnya lebih lanjut.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya