15 Cara mengurangi rasa pahit pare mengandalkan bahan sederhana, bikin masakan jadi semakin lezat

15 Cara mengurangi rasa pahit pare mengandalkan bahan sederhana, bikin masakan jadi semakin lezat
YouTube/Yani Hand

Brilio.net - Pare dikenal memiliki rasa pahit, namun sebagian orang tetap suka mengonsumsi sayuran hijau ini. Karena pare pun gampang diolah jadi aneka menu rumahan. Biasanya pare dimasak menjadi tumisan dengan tambahan bahan lain, seperti teri dan tempe.

Sama seperti sayuran lainnya, pare juga memiliki banyak kandungan gizi seperti magnesium, zat besi, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Cara mengolah pare juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengirisnya lalu menumisnya bersama bumbu. Namun, banyak yang enggan memasak pare karena rasa pahit yang dihasilkan. Sebagai solusinya, banyak orang menggunakan memakai beragam teknik untuk bisa menghilangkan rasa pahit pare.

Ada yang meremas pare dengan garam, ada juga yang menambahkan bahan lain saat mengolah pare, seperti gula merah, asam jawa, daun jambu biji, hingga tanah liat. Dengan memanfaatkan berbagai bahan dapur tersebut, rasa pahit pada pare akan semakin berkurang bahkan dapat benar-benar hilang. Dengan begitu, rasa masakan pare pun akan semakin lezat.

Berikut 15 cara menghilangkan rasa pahit pare, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (26/2).

1. Ditumis pakai banyak minyak.

15 Cara mengurangi rasa pahit pare mengandalkan bahan sederhana, bikin masakan jadi semakin lezat

foto: YouTube/djzayanti official

Pengguna YouTube djzayanti official punya cara untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Semula, siapkan dulu 1 atau 2 buah pare. Zayanti menjelaskan, sebaiknya pilih pare yang urat ataupun garis-garis luarnya cenderung besar karena rasanya tak terlalu pahit. Beda halnya jika urat maupun garis-garis pare cuma kecil.

Kemudian cuci pare di bawah air mengalir hingga bersih. Setelah itu, keringkan pare dan belah jadi dua. Buang isi pare dan iris-iris dengan ketebalan sesuai selera. Usai diiris, pare tak perlu dicuci lagi. Selanjutnya, siapkan juga semua irisan bumbu seperti bawang, cabai, dan lainnya sesuai selera.

"Pare yang sudah dipotong usahakan jangan dicuci dan jangan terkena air," tegas Zayanti, dikutip dari YouTube djzayanti official.

Kalau semua bahan sudah siap, lanjutkan ke proses memasak. Tumis dulu semua bumbu iris dengan minyak yang agak banyak. Minyak yang cenderung banyak ini disebut-sebut membantu mengurangi rasa pahit pare ketimbang mencampurkannya dengan air. Saat bumbu wangi dan matang, langsung masukkan pare serta bahan pelengkap lain.

"Usahakan jangan sampai diberi air saat memasak," kata Zayanti.

Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata. Kalau pare sudah tampak agak layu, koreksi rasanya terlebih dahulu. Lalu, terus tumis selama 3 sampai 4 menit sebelum diangkat. Selagi dimasak, wajan untuk menumis pare ini sebaiknya jangan ditutup sama sekali.

2. Diremas gula pasir.

15 Cara mengurangi rasa pahit pare mengandalkan bahan sederhana, bikin masakan jadi semakin lezat

foto: YouTube/DAPUR PIKA

Salah seorang warganet lewat YouTube DAPUR PIKA punya cara ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Pertama-tama, cuci bersih pare, lalu potong dan sisihkan kedua ujungnya. Kemudian belah pare dan keluarkan isian warna putih yang ada di dalamnya. Lalu iris tipis pare.

"Jangan iris terlalu tebal karena pare akan lebih pahit kalau dipotong terlalu tebal," imbuh Pika.

Usai diiris, masukkan dulu pare ke dalam mangkuk. Nah, untuk menghilangkan pahitnya, pare bisa ditaburi dengan gula secukupnya. Untuk satu mangkuk pare, Pika mengaku menggunakan 1 sdm gula pasir. Setelah itu, aduk dan remas pare sampai airnya keluar juga tekstur pare jadi lebih lemas.

Terakhir, pare bisa dibilas menggunakan air mengalir hingga 2 atau 3 kali sampai tak ada lagi butiran gula yang tersisa. Kemudian, peras pare dan pare pun siap untuk dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya