15 Cara mengusir cicak pakai alat dan bahan sederhana, mudah dan hasilnya ampuh

15 Cara mengusir cicak pakai alat dan bahan sederhana, mudah dan hasilnya ampuh
foto: YouTube/CARAnesia

Brilio.net - Terdapat beberapa hewan kecil yang kerap berkeliaran di dalam rumah dan kehadirannya cukup mengganggu. Salah satunya adalah cicak. Hewan satu ini kerap meninggalkan kotoran baik di lantai, dinding, dan perabot rumah lainnya. Akibatnya, rumah yang sudah dibersihkan jadi kotor lagi karena keberadaan cicak.

Kotoran cicak juga dapat berisiko menyebabkan infeksi kulit dan masalah pencernaan, lho. Oleh karena itu, jika terdapat kotoran cicak di rumah, sebaiknya langsung dibersihkan. Selain menyapu dan mengepel lantai, kamu juga bisa membasmi cicak secara langsung. Bisa dengan membuat alat perangkap, bisa juga dengan menyemprotkan cairan khusus agar cicak pergi dari rumah.

Alat yang digunakan untuk mengusir cicak pun tergolong sederhana dan mudah didapatkan, mulai dari toples hingga wadah plastik. Sementara untuk bahannya, kamu bisa menggunakan beberapa bahan dapur yang ada di rumah, seperti garam, cuka, dan sabun cuci piring.

Cara mengusir cicak dengan alat dan bahan tersebut juga cukup mudah dan hasilnya ampuh. Nah, buat kamu yang ingin membasmi cicak di rumah, yuk intip 15 cara mengusir cicak pakai alat dan bahan sederhana yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Kamis (14/3).

1. Pakai toples dan beri sisa astor sebagai umpan.

15 Cara mengusir cicak pakai alat dan bahan sederhana, mudah dan hasilnya ampuh

foto: YouTube/Cah Ikhlas

Warganet di akun YouTube Cah Ikhlas mengaku punya trik lain yang jauh lebih simpel untuk membasmi cicak. Sebab, trik ini hanya membutuhkan ampas dapur tanpa harus repot-repot membuat jebakan atau perangkap cicak.

"Kasih umpan sisa (biskuit) astor," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Cah Ikhlas.

Semula, siapkan dulu toples bekas biskuit jenis apa pun yang sudah habis dimakan tapi masih tersisa sedikit remah-remahnya. Lalu, letakkan toples tersebut di sudut manapun di dapur yang sering didatangi cicak. Pastikan posisi toples menempel pada dinding atau meja sehingga cicak mudah masuk ke dalamnya.

Pemilik akun YouTube Cah Ikhlas menjelaskan, toples berisi remahan biskuit tersebut cukup didiamkan saja selama seharian atau semalaman. Nantinya, cicak akan tertarik untuk masuk dengan sendirinya dan terperangkap di dalam toples tersebut.

Keesokan harinya saat cicak sudah masuk, langsung tutup toplesnya dan buangnya jauh-jauh dari rumah. Usai didiamkan semalaman, warganet di akun YouTube Cah Ikhlas mengaku berhasil menangkap 5 ekor cicak pakai perangkap tersebut, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya