5 Penyakit serius ditandai sakit punggung, jangan disepelekan

5 Penyakit serius ditandai sakit punggung, jangan disepelekan
foto: freepik

Brilio.net - Sakit punggung kerap dialami banyak orang. Sakit punggung biasanya terjadi karena terlalu lelah dengan rutinitas, terlalu sering duduk, cidera, efek dari olahraga keras, bahkan kurangnya aktivitas tubuh.

Masalah sakit punggung ini sendiri bisa akut, muncul kembali, atau kronis dan terjadi pada bagian mana pun di tulang belakang. Pada banyak kasus, sakit punggung ini akut dan merupakan dampak dari cedera, postur yang buruk, atau saraf tegang.

Masalah sakit punggung ini biasanya terjadi selama beberapa hari dan hilang sendiri. Namun pada beberapa kasus, sakit punggung yang dialami ini bisa jadi berhubungan dengan kondisi medis lain yang kamu derita.

Sakit punggung ini bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan lain yang tanpa disadari ternyata kamu derita. Berikut lima masalah kesehatan yang ternyata bisa ditandai dengan sakit punggung, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/9).

1. Kanker jenis tertentu.
Walau jarang terjadi, rasa sakit bisa jadi gejala awal kanker jenis tertentu seperti kanker tulang. Rasa sakit yang parah dan terjadi dalam waktu lama bisa jadi munculnya kanker di tulang belakang, usus, rektum, atau ovarium.

Munculnya kanker ini juga bisa menjadi tanda kanker ini telah menyebar dan biasanya disertai gejala lain. Ketika kamu merasakan sakit punggung yang parah dan tidak disebabkan cedera atau hal lain, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Infeksi tulang punggung.
Infeksi tulang punggung bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur dan bisa terjadi karena beberapa alasan. Hal ini bisa terjadi pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau nutrisi yang buruk.

Selain rasa sakit yang muncul ketika tulang punggung bergerak, seseorang dengan masalah ini bakal mengalami pusing, leher kaku, menggigil, dan demam. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin jika kamu mengalami gejala ini.

3. Ankylosing Spondylitis.
Ankylosing spondylitis adalah kondisi peradangan kronis yang disebabkan oleh nyeri sendiri dan memunculkan sakit punggung bagian bawah. Hal ini menyebabkan kamu kehilangan mobilitas tulang belakang karena tubuhmu bereaksi terhadap peradangan karena bertumpuknya kalsium pada ligamen yang menempel pada tulang.

Peradangan ini bisa menyebabkan punggung kaku terutama setelah beristirahat dalam jangka waktu panjang. Ketika kondisi memburuk, rasa kaku dan tak bisa bergerak ini bakal dialami bagian lain tulang punggung.

4. Osteoarthritis.
Osteoarthritis muncul ketika tulang rawan antara persendian dan tulang menurun kondisinya sehingga memunculkan rasa sakit. Osteoarthritis berdampak pada punggung ketika tulang rawan antara persendian dan piringan sendi punggung bagian bawah mulai menurun. Hal ini bisa menyebabkan rasa kaku yang tak kunjung hilang dan nyeri.

Sejumlah masalah kesehatan yang disebabkan karena penyakit ini membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasinya. Oleh karena itu jangan ragu untuk segera berkonsultasi mengenai kondisi yang kamu alami.

5. Penyakit ginjal.
Kadang sulit memisahkan penyakit ginjal dengan sakit tulang belakang. Pasalnya, ginjal berada di punggung bagian bawah sehingga ketika mengalami masalah ini, bakal terasa sakit juga di punggung dan rusuk.

Sakit ginjal disebabkan karena kondisi seperti infeksi saluran kencing, batu ginjal, atau infeksi ginjal. Kamu juga bakal mengalami gejala lain seperti sakit saat kencing, bermasalah buang air kecil, mual, dan muntah ketika mengalami masalah ini.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya