5 Trik membuat tape ketan yang mengandung banyak air dan tidak berbutir

5 Trik membuat tape ketan yang mengandung banyak air dan tidak berbutir

Brilio.net - Tapai atau tape merupakan kudapan khas Indonesia yang dibuat dengan cara fermentasi. Di antara berbagai jenis tape, tape ketan jadi salah satu yang paling disukai. Sesuai dengan namanya, tape satu ini dibuat dari bahan dasar beras ketan.

Beras ketan yang sudah dimasak ini akan dicampur dengan taburan ragi. Setelah itu, ketan tinggal didiamkan begitu saja dalam suhu ruang agar proses fermentasi berlangsung. Hasil fermentasi ketan ini akan menghasilkan tekstur yang lembut dan manis.

Sekilas, membuat tape ketan memang tampak mudah. Namun tak jarang, sebagian orang justru gagal membuat tape ketan ini. Hasil tape yang gagal ini biasanya jadi tidak berair, masih bertekstur berupa butiran-butiran, atau bahkan rasanya terlalu masam.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu tahu trik membuat tape ketan agar antigagal. Salah satu pengguna YouTube Mom Silinsimo pernah membagikan trik supaya tape ketan menghasilkan banyak air dan teksturnya tidak berbutir. Usut punya usut, penggunaan ragi sangat berpengaruh pada hasil akhir tape ketan ini, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya