7 Bahan pengganti bumbu dapur ala Natasha Dewanti, bikin lebih sehat

05 / 02 / 2022 16:32 WIB Shahfara Raida
7 Bahan pengganti bumbu dapur ala Natasha Dewanti, bikin lebih sehat
foto: Instagram/@dijet78

Brilio.net - Sudah berkarier di dunia akting sejak 90-an, nama Natasha Dewanti hingga kini masih eksis di dunia hiburan Tanah Air. Meski kerap dapat peran sebagai seorang ibu, namun penampilannya di luar syuting justru memesona bak ABG di usia kepala empat.

Rupanya, pemeran ibu Andin di sinetron Ikatan Cinta ini memang menjalankan pola hidup sehat. Tak hanya demi menjaga bentuk tubuh idealnya, pola hidup sehat yang ia terapkan juga bikin tubuh nggak gampang sakit.

Melalui akun Instagram pribadinya, Natasha Dewanti kerap berbagi tips dan makanan yang kerap ia konsumsi. Kebiasaannya menjaga pola makan tersebut pun juga diterapkannya untuk suami dan anak-anaknya. Natasha Dewanti pun punya trik-trik khusus dalam memasak makanan sehat.

Nggak hanya memilih mengurangi konsumsi minyak, ibu empat anak ini juga menggunakan bahan-bahan masakan yang jauh lebih sehat. Natasha Dewanti memilih mengurangi penggunaan garam, penyedap makanan dan gula pada masakannya. Sebagai gantinya, ia menggunakan bahan yang jauh lebih sehat, namun tetap bikin makanan enak.

Penasaran bahan apa saja yang biasa digunakan wanita kelahiran 14 Oktober 1978 ini? Berikut tujuh pengganti bumbu dapr ala Natasha Dewanti yang bikin jadi lebih sehat, dilansir BrilioFood dari Instagram/@dijet78, Sabtu (5/2).

1. Garam himalaya.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Pexels/monicore

Menghindari garam dapur biasa, Natasha Dewanti menggantinya dengan jenis garam himalaya. Dilansir dari healthline.com, jenis garam ini lebih sehat karena bisa menyeimbangkan kadar asam pada tubuh, meningkatkan kualitas tidur, menetralkan gula darah, dan lain sebagainya.

2. Kaldu jamur.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Pexels/Annushka Ahuja

Natasha Dewanti juga menghindari penyedap rasa yang mengandung MSG atau micin. Sehingga, ia beralih ke kaldu jamur tanpa tambahan MSG. Dilansir dari modernfarmer.com, mengganti bumbu penyedap dengan kaldu jamur bisa memberi tambahan manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan alat pencernaan, meningkatkan imun tubuh, menambah energi, menyehatkan jantung, hingga penuaan dini, lho.

3. Olive oil.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Instagram/@dijet78

Kerap pakai minyak untuk memasak, Natasha Dewanti memilih jenis minyak yang lebih sehat, yakni olive oil. Sudah jadi rahasia umum jika jenis minyak ini punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari livestrong.com, olive oil tinggi antioksidan yang bisa mencegah penyakit kanker, diabetes, alzheimer, jantung, serta obesitas.

4. Cuka apel.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Pexels/Nahdro

Cuka apel juga selalu digunakan Natasha Dewanti untuk memasak. Sehingga, ia tak lagi pakai cuka masak pada umumnya. Dilansir dari asweetpeacechef.com, cuka apel berfungsi untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, mengontrol berat badan, menurunkan kolesterol, dan lain sebagainya.

5. Susu.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Instagram/@dijet78

Kalau susu digunakan Natasha Dewanti sebagai pengganti santan. Santan dipercaya tinggi kolesterol dan lemak, sehingga kurang baik untuk kesehatan. Untuk membuat hidangan bersantan, Natasha Dewanti biasa menggantinya dengan susu.

Dilansir dari oprah.com, susu mengandung kalsium, protein, potasium, fosfor, serta vitamin D yang sangat baik untuk tulang, gigi, otak, otot, imun tubuh, serta penambahan energi untuk tubuh.

6. Gula merah atau brown sugar.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Unsplash/Monika Grabkowska

Natasha Dewanti juga mengurangi penggunaan gula pasir pada masakannya. Ia kerap beralih ke gula merah atau brown sugar. Dilansir dari bbcgoodfood.com, gula putih bisa menjadi penyebab obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.

Gula merah atau brown sugar bisa jadi alternatif pengganti gula pasir. Pasalnya, gula merah bermanfaat untuk meningkatkan asupan kalsium, zat besi, serta potassium pada tubuh. Selain itu, gula merah juga punya mineral dan vitamin yang lebih tinggi.

7. Kentang.

Pengganti bahan Natasha Dewanti  berbagai sumber

foto: Unsplash/Lars Blankers

Ada pula kentang yang digunakan Natasha Dewanti sebagai pengganti pasta. Dilansir dari webmd.com, kentang tinggi serat yang bisa bikin kenyang lebih lama dan mengontrol berat badan. Selain itu, serat pada kentang juga bisa menjaga kadar kolesterol dan gula darah pada tubuh, lho.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya