7 Hidangan dari berbagai negara ini dimasak pakai pasir, memang bisa?

08 / 12 / 2021 21:01 WIB Shahfara Raida
7 Hidangan dari berbagai negara ini dimasak pakai pasir, memang bisa?
unsplash.com

Brilio.net - Makanan membutuhkan suhu panas untuk dimasak. Sejak zaman dahulu, memasak umum dilakukan di atas api. Misalnya secara tradisional menggunakan kayu bakar maupun di atas kompor.

Tapi sekarang sudah banyak teknologi alat memasak canggih. Contohnya seperti oven, microwave, air fryer, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, tahukah kamu kalau ada cara memasak lain yang unik banget? Yakni menggunakan panas dari pasir.

Tak hanya sekadar menaruh wajan berisi bahan makanan di atas pasir, tetapi ada pula yang langsung dimasak secara bersentuhan dengan pasir, lho. Tak cuma di Indonesia, cara memasak ini juga familiar di sejumlah negara lain.

Penasaran hidangan apa saja yang dimasak di atas pasir? Berikut BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Rabu (8/12).

1. Kerupuk melarat - Indonesia.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: Instagram/@zuliwiel

Kerupuk satu ini terkenal di daerah Cirebon, Jawa Barat. Usut punya usut, kerupuk melarat sudah ada sejak masa penjajahan. Dimasak menggunakan pasir lantaran dulunya minyak dianggap mahal. Hal ini pula yang menyebabkan kerupuk ini dinamai melarat.

2. Bhuna aloo - India.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: YouTube/@Aamchi Mumbai

Bhuna aloo ini merupakan hidangan kentang khas India yang dimasak pakai pasir. Menggunakan kentang utuh, jika sudah matang, bisa langsung disantap dengan berbagai tambahan bumbu.

3. Pop corn - India.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: Instagram/@designro

Di India juga ada pop corn yang dimasak menggunakan pasir, lho. Hidangan ini dikenal sebagai street food yang dijual oleh pedagang kaki lima.

4. Kambing - Mongolia.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: YouTube/@ARTGER

Di Mongolia ada hidangan kambing yang dimasak menggunakan bantuan arang sebagai pemanasnya. Kemudian daging kambing dikubur di dalam pasir hingga matang.

5. Khad lamb - India.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: Instagram/@tillymirandaromanymarchant

India juga punya hidangan kambing yang dimasak menggunakan pasir, nih. Makanan ini biasa disebut dengan nama khas lamb.

6. Turkish sand coffee - Turki.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: Instagram/@Ice Tea Jay

Turki punya cara membuat kopi yang unik banget, yakni dengan pasir panas. Caranya adalah kopi ditaruh di gelas besi yang memiliki gagang panjang lalu dipanaskan hingga mendidih sebelum disajikan.

7. Kacang - India.

dimasak pakai pasir  berbagai sumber

foto: YouTube/@In Search Of Food

Kalau di Indonesia, kacang seperti ini dimasak umumnya dengan cara dikukus. Tapi beda halnya dengan India. Di sana kacang dimasak menggunakan pasir. Pasirnya dimasukkan ke dalam wajan bersama kacang sambil terus diaduk hingga matang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Sop Konro Iga

  • Onion Ring

    Onion Ring

  • Mie Sapi Homemade

    Mie Sapi Homemade

  • Kue Cokelat Tanpa Oven

    Kue Cokelat Tanpa Oven

Review

Selengkapnya