Bikin es batu bening ala kafe ternyata gampang, intip trik membuatnya

Bikin es batu bening ala kafe ternyata gampang, intip trik membuatnya
Kuncinya ada di proses pembekuannya. |

Dalam video tersebut, cetakan es batu yang digunakan nggak perlu khusus. Cukup gunakan cetakan es batu pada umumnya, kemudian isi dengan air matang sampai penuh. Bisa gunakan jenis kotak es apapun, baik kotak yang didapat langsung dari kulkas maupun kotak khusus yang dilengkapi tutup. Setelah itu, simpan di freezer selama kurang lebih 18 sampai 22 jam.

Dilansir dari foodnetwork.com, membekukan es batu agar warnanya bening juga bisa dilakukan hingga 24 jam. Proses es batu jadi bening ini memang membutuhkan waktu yang lama. Selain dibekukan dalam waktu lama, ada pula penelitian yang menjelaskan bahwa ada cara lain untuk membuat es batu jadi bening.

Dilansir dari newair.com, es batu yang tidak bening bisa dikarenakan masih ada udara yang terperangkap di dalam air saat dibekukan. Solusinya, air bisa direbus dahulu sampai mendidih sebelum dibekukan. Saat air mendidih, udara yang terperangkap di dalam air akan menguap dan hilang.

Bikin es batu bening ala kafe ternyata gampang, intip trik membuatnya

foto: TikTok/@truecubes

Di samping itu, penting juga untuk mengatur suhu kulkas yang tepat agar hasil es batu jadi bening. Suhu kulkas freezer bisa diatur jadi 0 maupun -1 derajat celcius. Setelah dibekukan kurang lebih 18-22 jam, es batu bisa dikeluarkan dari kulkas dan siap digunakan untuk membuat minuman kesukaan.

Bikin es batu bening ala kafe ternyata gampang, intip trik membuatnya

foto: TikTok/@truecubes

Menilik kolom komentarnya, tutorial membuat es batu milik TikTok/@truecubes ini mendapat banyak antusias dari warganet, lho. Selain sudah ditonton hingga jutaan kali, banyak pula yang memberi informasi lainnya seputar cara bikin es batu bening.

"Just boil the water before freezing (Direbus saja airnya sebelum dibekukan)," imbuh TikTok/@dieangelo77.

"I didn’t know clear ice cubes were such an issue (Aku tidak mengira kalau bikin es batu aja ada tekniknya)," cetus TikTok/@JeremyCorbynsJumper.

"Or just boil the kettle and freeze the boiling water (Bisa juga direbus pakai ceret dan bekukan air mendidihnya)," jelas TikTok/@lewis.

"Why only four tho (Kenapa cuma bikin empat sih)," kata TikTok/@Keira.

"I would not wait like 20 hours for four ice cubes and also just use hot water (Aku nggak mau nunggu 20 jam cuma buat bikin empat es batu, pakai air panas aja)," pungkas TikTok/@Follow & comment for shoutout.

@truecubes Seriously, it's THAT easy! #fyp #clearice #icecubes #homebartender #bartools #clearicecube #cocktailtok GOOD VIBES - Ellen Once Again

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya