Bukan dengan sabun, begini trik hilangkan kerak gosong di setrika pakai tambahan 1 bahan masak

Bukan dengan sabun, begini trik hilangkan kerak gosong di setrika pakai tambahan 1 bahan masak
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Pakaian yang sudah dicuci dan dijemur biasanya akan kering dalam kondisi kain yang kusut karena proses pencucian. Nah, banyak yang memakai setrika untuk melicinkan dan menghaluskan pakaian setelah selesai dijemur agar rapi kembali saat dikenakan.

Umumnya setrika yang dipakai adalah jenis setrika listrik. Bagian bawah setrika listrik juga dilengkapi dengan plat besi yang berfungsi untuk menghasilkan panas sehingga pakaian yang kusut bisa kembali halus dan licin. Namun, seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama, setrika listrik kerap mengalami beberapa permasalahan.

Salah satunya adalah timbulnya noda kerak gosong yang muncul di bagian plat besi. Noda tersebut biasanya muncul karena setrika sering dipakai dengan suhu yang tinggi. Noda gosong tersebut pun dapat mengganggu proses menyetrika karena baju menjadi sulit rapi dan halus.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak yang memanfaatkan lilin batangan untuk dioleskan ke bagian plat besi. Lilin tersebut ditempelkan dalam kondisi setrika menyala dan dalam suhu panas. Namun selain menggunakan lilin, terdapat cara lain untuk menghilangkan kerak gosong pada setrika, lho.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna YouTube Zulaikha pratiwy. Dilansir BrilioFood pada Senin (25/12), pengguna YouTube tersebut justru memilih untuk memanfaatkan 1 bahan masakan untuk menghilangkan noda kerak gosong pada setrika.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya