Bukan diberi tepung terigu, ini trik goreng ayam supaya minyak tak meletup dan menghitam

Bukan diberi tepung terigu, ini trik goreng ayam supaya minyak tak meletup dan menghitam
YouTube/Karya Masak Dewi

Brilio.net - Setiap orang punya lauk andalan masing-masing buat dimakan bersama nasi dan sayuran. Termasuk lauk dari protein hewani, yakni ayam. Bahan makanan ini termasuk favorit karena enak, mudah dibuat, dan tinggi nutrisi.

Tetapi selain punya protein, dilansir dari thehealthsite.com, ayam juga punya asam lemak omega-3, zat besi, zink, vitamin B3, B6, B7, serta B12. Sejumlah nutrisi pada ayam bisa membantu meningkatkan metabolisme dan imun tubuh, menurunkan kolesterol jahat, menjaga sistem saraf tetap sehat, menguatkan otot, dan masih banyak lagi.

Kreasi olahan ayam yang bisa dibuat di rumah beragam banget, lho. Ayam bisa dimasak jadi sup, tumisan, ayam bakar, tim ayam, juga ayam goreng. Ngomong-ngomong soal ayam goreng, apa kamu termasuk salah satu dari banyak orang yang harus "bertempur" saat memasak? Nggak heran, sebab saat ayam dimasukkan ke minyak panas, mudah sekali meletup-letup dan bisa melukai kulit.

Memang ada sebuah trik supaya minyak tetap tenang saat goreng ayam, yakni menambahkan sejumput tepung terigu sebelum ayam dimasukkan ke minyak panas. Tapi, hal ini bisa bikin minyak cepat menghitam, lho. Salah seorang warganet bernama Dewi punya trik lain yang lebih efektif, nih. Ia bagikan trik ini dalam sebuah video di YouTube Karya Masak Dewi.

"Ayam matang sempurna dan cantik, tidak meletup dan minyak juga tidak hitam, tetap bening," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Karya Masak Dewi pada Kamis (4/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya