Bukan dibungkus koran atau dikarbit, ini trik cepat mematangkan buah mangga pakai 1 jenis minuman

Bukan dibungkus koran atau dikarbit, ini trik cepat mematangkan buah mangga pakai 1 jenis minuman
foto: YouTube/AF Chanel

Brilio.net - Pohon mangga sering ditanam banyak orang di pekarangan rumahnya. Selain bisa membuat suasana lebih asri, hasil buahnya pun bisa dikonsumsi.

Buah mangga sendiri bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan matang. Biasanya, mangga mentah disajikan dengan bumbu rujak sebagai cocolannya. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang lebih memilih menikmati buah mangga dalam kondisi matang sempurna. Bukan tanpa alasan, buah mangga yang matang memang terasa manis dan teksturnya empuk.

Buah mangga yang matang juga bisa dicampurkan ke dalam berbagai menu dessert. Sayangnya, tak jarang penggemar mangga justru tak sengaja membeli buah yang masih mentah.

Kalau sudah begitu, sejumlah orang sengaja melakukan berbagai cara untuk mematangkan buah mangga. Seperti membungkus mangga satu per satu dengan koran lalu didiamkan selama beberapa saat. Dengan cara ini, gas etilen di dalam mangga akan keluar sehingga proses pematangan jadi lebih cepat.

Ada juga yang mematangkan mangga dengan cara dikarbit. Nah, karbit ini merupakan bahan kimia berwarna putih dan bentuknya menyerupai batu. Caranya, tinggal taruh karbit di sela-sela buah mangga yang ada di wadah. Kalau sudah tutup wadah rapat-rapat dan diamkan selama 2-3 hari.

Tapi selain dua cara tersebut, ternyata ada cara lain yang bisa kamu praktikkan saat mematangkan buah mangga. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube AF Chanel. Nggak perlu koran atau karbit, dalam video tampak ia hanya memanfaatkan satu jenis minuman saja untuk mematangkan buah mangga. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya