Bukan dicampur bawang putih, ini cara membasmi hama jamur pada pohon cabai pakai 3 bahan dapur

Bukan dicampur bawang putih, ini cara membasmi hama jamur pada pohon cabai pakai 3 bahan dapur
YouTube/DARI KAMI UNTUK KAMU

Brilio.net - Cabai bisa membuat masakan jadi berwarna merah. Selain itu, cita rasa pedas pada cabai akan membuat masakan jadi lebih nikmat.

Tetapi, harga cabai di pasaran terkadang melonjak naik di momen-momen tertentu. Aalah satunya saat musim penghujan. Alhasil, banyak orang jadi boros pengeluaran saat belanja cabai.

Nah, biar nggak boros lagi, kamu bisa mencoba menanam pohonnya sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa langsung memetik buah cabai saat ingin masak.

Namun, tanaman cabai sangat mudah terserang hama, seperti hama jamur antraknosa atau patek. Hama ini biasanya menyerang bagian buahnya.

Pengalaman seputar mengendalikan hama jamur pada pohon cabai sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube DARI KAMI UNTUK KAMU. Menurutnya, kalau buah cabai sudah terkena jamur, segera buang jauh-jauh dari tanaman.

"Kalau sudah seperti ini, harus kita ambil dan musnahkan, buang jauh-jauh, jangan ditaruh di bawahnya, itu pasti akan menyebar ke mana-mana," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube DARI KAMI UNTUK KAMU pada Jumat (26/1).

Bukan dicampur bawang putih, ini cara membasmi hama jamur pada pohon cabai pakai 3 bahan dapur

foto: YouTube/DARI KAMI UNTUK KAMU

Walaupun sudah dibuang, sebaiknya tanaman cabai juga diberi bahan pembasmi hama. Di pasaran, sudah banyak jenis pestisida untuk membasmi hama cabai yang bisa kamu beli. Tapi, alih-alih pakai pestisida kimia dari pasaran, kamu bisa pengusir hama dengan membuatnya sendiri dari bahan-bahan dapur saja, lho.

Misalnya, cairan pembasmi hama bisa dibuat dari bawang putih. Karena bumbu satu ini punya aroma kuat yang tak disukai hama. Namun berbeda dengan warganet di akun YouTube DARI KAMI UNTUK KAMU, pria ini mengaku punya tiga bahan dapur lain yang tak kalah sederhana untuk menghilangkan hama jamur pada pohon cabai.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya