Bukan pakai bumbu dapur, ini trik cegah hama di pohon jeruk purut agar daunnya tetap subur dan hijau

Bukan pakai bumbu dapur, ini trik cegah hama di pohon jeruk purut agar daunnya tetap subur dan hijau
YouTube/Monda Siregar

Brilio.net - Pohon jeruk purut bisa ditanam di halaman rumah. Baik dengan media pot maupun langsung di pekarangan. Hasil daun maupun buahnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan memasak. Dengan begitu, uang bulanan akan lebih hemat karena 1-2 kebutuhan memasak jadi berkurang dengan adanya pohon jeruk purut ini.

Namun supaya pohon jeruk purut bisa tetap subur, proses perawatan harus dilakukan sebaik mungkin. Jika tidak, pohon jeruk purut bisa terkena hama dan berakhir rusak.

Karena pohon ini riskan terserang hama, lho. Mulai dari kutu daun, thrips, semut, hingga ulat. Nah, hama-hama tersebut bisa menyerang pohon jeruk purut dan memengaruhi kualitas daun yang dihasilkan.

Maka, jika ingin daun pada pohon jeruk purut tetap subur dan hijau, kamu harus mencegah kedatangan hama. Biasanya sejumlah orang akan mengandalkan bahan dapur untuk dijadikan pupuk tanaman alami. Di antaranya bisa pakai micin atau garam. Pemberian bumbu dapur ini dinilai ampuh mencegah hama sekaligus membuat pohon jeruk purut jadi kian subur.

Namun selain menggunakan bumbu dapur, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk mencegah hama pada pohon jeruk purut, lho. Bahan ini pernah digunakan oleh warganet pengguna akun YouTube Monda Siregar. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memanfaatkan ampas dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya