Tanpa bawang putih, ini trik merawat tanaman kemangi agar daunnya tak menguning dan berbintik hitam

Tanpa bawang putih, ini trik merawat tanaman kemangi agar daunnya tak menguning dan berbintik hitam
YouTube/Edy Rahmat

Brilio.net - Memiliki tanaman kemangi di halaman rumah bisa menjadi cara tepat untuk menghemat. Terlebih jika kamu sangat gemar mengonsumsi kemangi untuk lalapan atau campuran masakan. Jika menanam sendiri, kamu tak perlu rutin membeli kemangi di pasar karena bisa langsung dipetik dari pohonnya.

Pada dasarnya, tanaman kemangi bisa tumbuh subur dengan mudah. Namun seperti tanaman pada umumnya, kemangi juga perlu perawatan khusus. Karena jika tidak, akan sangat mungkin tanaman kemangi nggak bisa tumbuh secara maksimal.

Nah, salah satu masalah yang sering terjadi pada tanaman kemangi adalah perubahan daunnya. Dalam beberapa kasus, daun kemangi bisa jadi kuning. Bahkan ada juga yang sampai timbul bintik hitam di bagian daunnya. Kondisi tanaman kemangi seperti ini pernah dijelaskan oleh pengguna YouTube Edy Rahmat

"Biasanya ini terjadi karena infeksi jamur dan bakteri. Bintik hitam atau kita sebut saja sebagai patogen. Penyakit ini biasanya dibawa oleh serangga yang mengeluarkan air sejenis kemih kemudian memercikkannya pada daun. Kemangi yang diawali dengan bercak berwarna kecokelatan kemudian akan menghitam dan lebih parah lagi akan menjalar sampai ke batang tanaman kemangi," terangnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Edy Rahmat pada Sabtu (23/21).

Tanpa bawang putih, ini trik merawat tanaman kemangi agar daunnya tak menguning dan berbintik hitam

foto: YouTube/Edy Rahmat

Nah, untuk mengatasi masalah tanaman kemangi yang seperti itu, sebagian orang biasanya menggunakan bahan alami, yakni bawang putih. Jadi bawang putih ini dinilai bisa mengatasi daun kemangi yang menguning. Namun bahan ini terkadang tidak bisa mengatasi bintik hitam pada daun kemangi.

Padahal sebenarnya dua masalah tersebut bisa diatasi sekaligus dengan bahan yang sama, lho. Pengguna YouTube Edy Rahmat mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur untuk mengatasi bintik hitam dan daun kekuningan pada tanaman kemangi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya