Bukan digerus garam, ini cara membedakan cobek batu asli dan palsu cukup tambah 1 bahan dapur

Bukan digerus garam, ini cara membedakan cobek batu asli dan palsu cukup tambah 1 bahan dapur
foto: Instagram/@tempatku.pulang

Brilio.net - Cobek termasuk alat dapur tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan, sejumlah orang mengaku penggunaan cobek untuk menghaluskan bahan makanan bisa bikin rasa dan teksturnya lebih pas dibanding pakai blender atau chopper. Ada banyak jenis cobek, tapi cobek batu paling disukai karena kuat dan tahan lama.

Namun, terkadang banyak pedagang cobek batu kurang jujur saat berdagang dengan menjual cobek palsu. Jadi, alih-alih terbuat dari batu asli, ada pedagang nakal yang membuatnya dari semen. Padahal, semen mengandung zat tertentu yang berbahaya jika tercampur dengan bahan makanan dan masuk ke dalam tubuh.

Hal ini sempat dialami oleh warganet di akun Instagram @tempatku.pulang. Ia mengaku sempat beberapa tahun menggunakan cobek palsu lantaran belum tahu perbedaannya. Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, alhasil ia menemukan risiko penggunaan cobek semen, yakni bisa menyebabkan kanker lantaran semen mengandung silika dan abses yang sifatnya karsinogenik.

"Aku ini sebetulnya gak ngerti beginian, tapi pas iseng ngecek shockk bgt apalagi ini cobek udah nemenin aku 2 tahun," tulisnya dalam unggahan Instagram @tempatku.pulang, dikutip BrilioFood pada Kamis (14/3).

Untuk mengetahui perbedaan cobek batu asli dan palsu, biasanya orang-orang menggunakan teknik menggerus garam pada cobek. Tetapi, warganet di akun Instagram @tempatku.pulang punya cara lain yang nggak kalah efektif lho, dan hanya menggunakan satu bahan dapur yang semua orang pasti memilikinya di rumah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya