Bukan pakai sabun, ini cara mencuci cobek batu agar bersih maksimal dan bebas bau dengan 1 bumbu dapur

Bukan pakai sabun, ini cara mencuci cobek batu agar bersih maksimal dan bebas bau dengan 1 bumbu dapur
foto: Instagram/@kakak_maryam

Brilio.net - Meskipun sudah ada peralatan dapur elektronik seperti blender dan chopper, sebagian orang ternyata lebih memilih menggunakan cobek batu untuk menghaluskan bahan masakan. Cobek batu nggak memerlukan tenaga listrik, justru kamu bisa mengatur tingkat kehalusan bahan masakan yang diulek.

Jika diperhatikan secara dekat, permukaan cobek batu terdiri dari lubang-lubang kecil. Nggak heran jika bahan masakan yang diulek justru menempel di permukaannya. Jika tidak dibersihkan maksimal, sisa bahan masakan ini malah membuat cobek batu jadi sarang bakteri, lho.

Mengetahui hal tersebut, sejumlah orang sengaja mencuci cobek batu pakai sabun cuci piring. Alih-alih bersih maksimal, penggunaan sabun cuci piring justru menyerap ke dalam lubang-lubang di permukaan cobek batu. Nggak cuma mengontaminasi bahan masakan yang diulek, sabun cuci yang terserap pun menimbulkan bau tak sedap di cobek batu. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mencuci cobek batu?

Salah seorang warganet dengan nama akun Instagram @kakak_maryam pernah membagikan tutorial mencuci cobek batu agar bersih maksimal. Dalam videonya, tampak warganet ini mengganti sabun cuci piring dengan satu bumbu dapur. Hasilnya, cobek bisa bersih maksimal tanpa meninggalkan bau sedikit pun. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya