Bukan pakai sabun atau kelapa parut, ini trik bersihkan bekas bumbu di cobek batu pakai 1 bahan dapur

Bukan pakai sabun atau kelapa parut, ini trik bersihkan bekas bumbu di cobek batu pakai 1 bahan dapur
Instagram/@rumah_qinaz

Brilio.net - Bagi sebagian orang, menghaluskan bumbu masakan di zaman sekarang sudah semakin praktis karena ada blender dan chopper. Tapi, nggak sedikit juga yang masih setia menggunakan cara tradisional, yakni mengandalkan cobek batu.

Meski memerlukan tenaga ekstra, kamu bisa mengatur kehalusan bumbu sesuai selera jika memakai cobek batu. Di sisi lain, cobek batu juga nggak memerlukan daya listrik saat digunakan.

Di balik kelebihannya itu, sayangnya cobek batu mudah sekali kotor. Mengingat cobek batu memiliki pori-pori di bagian permukaannya yang membuat berbagai bumbu bisa masuk ke dalamnya.

Alhasil, membersihkan cobek batu jadi PR (pekerjaan rumah) yang sulit dilakukan. Karena jika asal, bekas bumbu malah membuat tampilan cobek batu tampak kotor.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja merendam cobek batu dengan larutan sabun cuci piring selama beberapa waktu. Kemudian cobek batu dapat digosok pakai parutan kelapa. Nah, kelapa parut dianggap bisa menyerap seluruh kotoran, debu, dan sisa bumbu yang ada di pori-pori permukaan cobek batu. Dengan begitu, cobek batu bisa bersih maksimal.

Meski begitu, mencuci cobek batu terus menerus pakai larutan sabun ternyata tidak dianjurkan, lho. Hal ini dijelaskan oleh pengguna Instagram dengan nama akun @rumah_qinaz.

"Sabun nya bisa masuk kedalam pori ulekan yang mengakibatkan ulekan meninggalkn bau sabun saat digunakan," ujarnya, dikutip BrilioFood dari akun Instagram @rumah_qinaz pada Selasa (17/10).

Bukan pakai sabun atau kelapa parut, ini trik bersihkan bekas bumbu di cobek batu pakai 1 bahan dapur

foto: Instagram/@rumah_qinaz

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya