Tak perlu pemutih, ini trik mencerahkan warna handuk lama yang kusam pakai 1 bahan dapur

Tak perlu pemutih, ini trik mencerahkan warna handuk lama yang kusam pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/Adelia Fitri

Brilio.net - Handuk yang digunakan setiap hari tentu bisa kotor dengan cepat. Apalagi karena dipakai untuk mengeringkan badan, kondisi handuk jadi mudah lembap. Jika tidak langsung dijemur usai dipakai, handuk yang lembap dapat berpotensi timbul jamur, lho.

Selain jamur, handuk yang dipakai terus menerus juga bisa jadi kusam. Biasanya warna yang kusam ini disebabkan karena proses pencucian yang kurang tepat dan tumpukan noda yang membandel. Parahnya, noda-noda ini menyimpan banyak bakteri karena tidak benar-benar luruh sekalipun dicuci berkali-kali.

Memang pada dasarnya, butuh trik khusus untuk mencuci handuk lama yang telanjur kusam ini. Bahan yang digunakan juga tidak sembarangan. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan pemutih yang dicampur dengan detergen agar warna handuk kembali cerah dan noda membandel bisa benar-benar hilang.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan pemutih juga bisa memberikan dampak buruk. Alih-alih cerah, pemutih yang digunakan terlalu sering justru membuat warna pakaian semakin pudar karena luntur. Selain itu, serat kain pada handuk juga berpotensi rusak, sehingga tidak bisa menyerap air dengan maksimal.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya