Tanpa cuka, ini cara basmi noda di sendok stainless steel agar kinclong lagi cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa cuka, ini cara basmi noda di sendok stainless steel agar kinclong lagi cuma pakai 2 bahan dapur
TikTok/@mariantimamengko

Brilio.net - Punya alat dapur yang bersih dan mengilap jadi dambaan banyak orang. Nggak cuma enak dilihat, alat dapur yang bersih juga membuat makanan terhindar dari kontaminasi bakteri. Oleh karena itu, pastikan alat makan langsung dicuci bersih setelah digunakan.

Meski sudah sering dicuci, terkadang peralatan makan tersebut masih rawan terkena noda membandel, lho. Noda bekas air dan karat misalnya, yang kerap ditemui di sendok berbahan stainless steel. Usut punya usut, hal ini disebabkan karena sendok tidak dicuci dengan maksimal atau ditaruh di tempat yang lembap.

Jika dibiarkan begitu saja, noda membandel tersebut akan semakin menyebar. Kalau sudah begini, apakah kamu masih mau memakai sendok yang penuh noda? Jelas nggak mau, kan?

Noda membandel di sendok bisa dibersihkan pakai larutan cuka. Dilansir dari healthline.com, cuka punya sifat asam yang bisa menghilangkan noda membandel. Nggak cuma itu, cuka juga dapat membuat sendok jadi lebih berkilau.

Meski begitu, sebagian orang mengaku enggan menggunakan cuka untuk mencuci peralatan dapurnya. Bukan tanpa alasan, cuka memang punya bau yang sangat tajam.

Tapi nggak perlu khawatir buat kamu yang merasa terganggu dengan bau cuka, karena ada bahan dapur lain untuk menghilangkan noda membandel di sendok. Cara ini sempat ditunjukkan oleh warganet dengan nama akun TikTok @mariantimamengko.

"Hilangin bekas air dan karat di sendok," tulisnya di keterangan video TikTok pribadinya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya