Bukan dikukus atau ditambah air, begini cara menghangatkan nasi sisa agar pulen dan tidak pera

Bukan dikukus atau ditambah air, begini cara menghangatkan nasi sisa agar pulen dan tidak pera
foto: YouTube/Sulam3Jari

Brilio.net - Nasi merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Makanan pokok satu ini nggak cuma bikin tubuh kenyang, namun juga selalu cocok dipadukan dengan berbagai macam lauk dan sayuran. Nggak heran jika kemudian banyak orang gemar mengonsumsi nasi untuk menu makan sehari-hari.

Bahkan banyak orang kemudian sengaja menanak nasi dalam jumlah banyak untuk makan seharian. Dengan begitu, kamu nggak perlu repot-repot memasak nasi di setiap jam makan. Hal ini tentu bisa menghemat waktu, tenaga, dan bahan bakar yang dipakai untuk menanak nasi.

Namun menanak nasi dalam porsi besar ini bukan tanpa risiko, lho. Di waktu-waktu tertentu, terkadang nasi yang dimasak masih sisa cukup banyak. Jika dibiarkan di dalam rice cooker atau dandang pengukus, nasi bisa kering atau bahkan basi. Kondisi nasi seperti ini ditandai dengan warnanya yang mulai kuning dan mengeluarkan bau tak sedap.

Supaya lebih aman, nasi idealnya memang disimpan di dalam kulkas. Selain lebih tahan lama, menyimpannya di dalam kulkas juga membuat nasi tidak mudah terkontaminasi. Tampilan nasi juga akan tetap putih dan tidak bau, sehingga aman dikonsumsi.

Walau bikin awet, tapi menyimpan nasi di kulkas bisa mengubah teksturnya, lho. Tekstur nasi yang empuk dan pulen bisa keras jika terkena suhu dingin kulkas. Saking kerasnya, nasi bisa berubah jadi pera dan kurang enak saat disantap.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya