Bukan diolesi minyak atau pasta gigi, ini trik mengatasi rasa panas di tangan karena memotong cabai

Bukan diolesi minyak atau pasta gigi, ini trik mengatasi rasa panas di tangan karena memotong cabai
YouTube/Miss NN

Brilio.net - Ada banyak masakan yang diracik dengan bumbu pedas. Salah satunya cabai yang sering dipakai untuk menambah cita rasa pedas.

Pada dasarnya, cabai memang punya beragam jenis dengan rasa dan tingkat pedas yang berbeda-beda. Namun secara umum, cabai memiliki kandungan capsaicin yang memberikan sensasi panas dan pedas. Selain menempel di lidah, capsaicin juga bisa melekat di kulit ketika mengolah cabai.

Memang sudah banyak orang yang mengeluhkan adanya sensasi panas ketika memetik dan memotong cabai. Bukan tanpa sebab, hal tersebut memang berasal dari kandungan capsaicin pada cabai yang kemudian menempel di kulit. Rasa panas yang tertinggal ini terkadang sangat menyakitkan, lho.

Sayangnya, rasa panas akibat cabai ini cenderung tidak mudah hilang. Sekalipun tangan sudah dicuci dengan sabun berkali-kali, namun sensasi pedasnya masih menempel dengan kuat. Pada dasarnya, butuh teknik khusus untuk menghilangkan sensasi panas di kulit tangan ini.

Salah satu metode yang banyak digunakan adalah dengan mengolesi tangan dengan minyak goreng. Selain itu, ada juga yang mengolesi tangan menggunakan pasta gigi. Kedua bahan ini dipercaya bisa meredakan rasa panas di kulit tangan akibat cabai tersebut.

Namun sebenarnya ada trik lain yang tak kalah ampuh dari metode tersebut, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Miss NN. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan dapur untuk menghilangkan rasa panas tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya