Tanpa dimasukkan kulkas, begini cara simpan santan segar agar tak basi dan berubah rasa hingga 3 hari

Tanpa dimasukkan kulkas, begini cara simpan santan segar agar tak basi dan berubah rasa hingga 3 hari
foto: TikTok/@pakman3590

Brilio.net - Santan sudah menjadi bahan makanan yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai macam masakan khas Nusantara. Mulai dari masakan gurih seperti gulai, lodeh, atau opor, hingga makanan manis seperti hunkwe, kolak, bubuk kacang hijau, pukis, dan masih banyak lagi. Memang pada dasarnya, rasa santan yang gurih segar membuat makanan jadi lebih lezat dan bikin nagih.

Namun perlu diketahui bahwa santan juga termasuk bahan makanan yang mudah sekali basi jika diletakkan di suhu ruang. Apalagi jika santan tersebut diambil atau diperas dari kelapa asli. Dalam waktu kurang dari 12 jam saja, santan segar ini biasanya jadi basi. Indikatornya bisa dilihat dari rasa dan baunya yang cenderung asam.

Oleh sebab itu, santan segar memang harus disimpan di dalam kulkas jika tidak segera dipakai. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Apalagi jika diletakkan di freezer, santan biasanya akan awet hingga 1 bulan lamanya.

Pada dasarnya, kulkas memang berperan penting untuk memperpanjang masa simpan santan. Namun jika kamu sedang mengalami gangguan, seperti kulkas rusak atau freezer penuh, tentu kamu harus memutar otak untuk menyimpan santan segar. Hal inilah yang juga dialami oleh pengguna TikTok @pakman3590 saat hendak menyimpan santan segar yang baru dibeli.

"Kalau kedai hangpa tak ada elektrik jahanam semua benda. Kalau kata rumah hangpa elektrik tak dak ataupun peti air hangpa dah rosak kan. Selalu kalau elektrik tak dak atau peti ais dah rosak jahanam habis semua santan santan kita kan (Jika toko tidak memiliki kulkas listrik, semuanya akan menjadi kacau balau. Kalau rumahnya mati listrik atau kulkas rusak. Sialnya santan kita akan habis semua kan?)," ujar TikTok @pakman3590 dikutip BrilioFood pada Selasa (3/10).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya