Bukan direbus air garam, ini trik mengolah ikan tongkol agar tak bikin gatal pakai 2 bahan dapur

Bukan direbus air garam, ini trik mengolah ikan tongkol agar tak bikin gatal pakai 2 bahan dapur
TikTok/@jago_peran

Brilio.net - Ikan tongkol cocok diolah jadi berbagai hidangan, mulai dari digoreng, ditumis bumbu balado, dibikin asam manis, dimasak bersama cabai hijau, dan lain sebagainya.

Ikan tongkol juga banyak diminati orang karena terkenal kaya manfaat. Dilansir dari webmedy.com, ikan tongkol memiliki protein, asam lemak omega-3, vitamin D dan 12, serta selenium yang tinggi. Sejumlah nutrisi di dalam ikan tongkol ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung, menguatkan tulang, membuat imun tubuh lebih kuat, dan lain-lain.

Namun, banyak orang menghindari ikan tongkol lantaran berisiko membuat area mulut dan lidah gatal usai menyantap menu satu ini.

Usut punya usut, dilansir dari ecarf.org, hal ini bisa terjadi bukan hanya saat menyantap ikan tongkol, tapi juga kebanyakan ikan laut lain seperti tuna, salmon, sarden, dan lainnya. Mulut bisa gatal usai mengonsumsi ikan bisa jadi karena masih terdapat bakteri ataupun virus di dalam ikan, sehingga menyebabkan alergi. Bagi sejumlah orang, rasa gatal bisa hilang dengan cepat. Tetapi, ada pula yang harus merasakan gatal dalam waktu lama, tergantung kuatnya imun tubuh masing-masing.

Buat kamu yang gemar makan tongkol, jangan buru-buru panik dulu. Sebab, ada sejumlah trik memasak yang bisa dipraktikkan supaya ikan tongkol tak menyebabkan gatal di mulut, misalnya direbus pakai air garam. Namun, buat kamu yang nggak senang dengan hasil masakan ikan yang direbus, kamu juga bisa pakai satu trik lagi yang dibagikan oleh warganet di akun YouTube Cooking with Ais.

Warganet ini menjelaskan trik mengolah tongkol biar nggak gatal ini hanya membutuhkan dua bahan dapur dan tanpa melewati proses rebus. Wanita akrab disapa Ais ini mengaku sudah dua kali mengolah tongkol dengan trik ini. Ia pun sukses mendapat pujian dari suaminya lantaran ikan tongkol buatannya berhasil, lho.

"Kemarin aku masak dan suami komennya kok ikan tongkol nggak gatal ya, biasanya kalau beli di pasar itu kan gatal. Nah aku mau bagi tips gimana cara memasak supaya tidak gatal di mulut," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Cooking with Ais pada Jumat (13/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya