Bukan direndam air panas, ini trik cuci handuk kusam dan dekil agar lebih cerah pakai 2 bahan dapur

Bukan direndam air panas, ini trik cuci handuk kusam dan dekil agar lebih cerah pakai 2 bahan dapur
YouTube/Bunda Kabari

Brilio.net - Handuk yang digunakan terlalu sering bisa menurun kualitasnya. Baik dari segi warna atau bahan biasanya akan berubah seiring waktu. Warna handuk yang cerah dapat berubah jadi lebih kusam karena terlalu sering terkena detergen. Selain itu, kelembutan serat kainnya juga berkurang seiring pemakaian.

Padahal handuk akan nyaman digunakan jika teksturnya lembut dan warnanya pun lebih cerah. Namun jika telanjur kusam dan dekil, handuk tersebut tetap bisa dibersihkan dengan maksimal dan dikembalikan warna dan kelembutannya. Biasanya sejumlah orang akan mencuci handuk dengan cara khusus.

Salah satu metode yang kerap digunakan adalah dengan merendam handuk dalam air panas. Usut punya usut, air panas dinilai dapat membuat handuk jadi kembali lembut. Selain itu, bakteri dan jamur di handuk juga bisa luntur saat dicuci dengan air panas.

Namun perlu diketahui bahwa air panas ini tidak bisa digunakan terlalu sering. Bukan tanpa sebab, air panas pada dasarnya dapat merusak struktur dan mengurangi masa pakai handuk. Nggak cuma itu, warna pada handuk juga bisa luntur dengan cepat jika dicuci menggunakan air panas.

Supaya lebih aman, kamu bisa meniru trik mencuci handuk kusam dan dekil seperti yang dilakukan pengguna YouTube Bunda Kabari. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan air biasa (suhu ruang) saat mencuci handuk dekil. Namun agar warnanya semakin cerah dan bebas bakteri, dia pun mengandalkan dua bahan dapur sebagai pembersih handuk.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya