Bukan direndam berhari-hari, emak-emak ini bagikan cara cepat membedakan cobek batu asli dan palsu

Bukan direndam berhari-hari, emak-emak ini bagikan cara cepat membedakan cobek batu asli dan palsu
Instagram/@siti_setyowati_

Brilio.net - Cobek digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur. Meskipun kini sudah banyak blender elektronik, namun cobek masih laris manis karena hasilnya halus, cenderung punya rasa, dan teksturnya khas.

Pada dasarnya, ada sejumlah jenis cobek yang banyak dijual di pasaran. Namun biasanya cobek berbahan batu menjadi favorit banyak orang karena dinilai bisa menghaluskan bumbu dengan maksimal. Selain itu, cobek batu juga cenderung tahan lama dan kokoh, sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

Namun untuk mendapatkan cobek berkualitas yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama, perlu trik khusus saat beli. Karena sejumlah pedagang nakal terkadang menjual cobek batu palsu yang terbuat dari semen. Cobek semen ini biasanya tidak tahan lama dan mudah pecah.

Memang jika dilihat secara kasat mata, cobek semen dan cobek batu sangat mirip. Padahal ada sejumlah perbedaan yang cukup signifikan dari cobek batu dan semen. Nah, perbedaan ini wajib kamu ketahui jika ingin membeli cobek batu asli yang tahan lama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membedakan cobek batu dan cobek semen. Salah satunya adalah dengan merendam cobek dalam air selama berhari-hari. Usut punya usut, cobek batu asli akan berubah warna jadi lebih gelap saat direndam. Berbeda dengan cobek semen yang tidak mengalami perubahan warna signifikan karena permukaannya sudah dicat.

Tapi alih-alih menunggu berhari-hari untuk membedakan cobek batu dan cobek semen, kamu bisa menggunakan trik yang lebih sederhana seperti yang dijelaskan emak-emak pengguna akun Instagram @siti_setyowati_. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik cepat dalam membedakan cobek batu dan cobek semen. Menurutnya, ada beberapa metode yang bisa diperhatikan saat hendak membedakan cobek batu dan cobek semen, seperti tekstur, suara, dan warna.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya