Bukan disimpan bareng rempah, ini cara simpel mengusir kutu pada kacang hijau

Bukan disimpan bareng rempah, ini cara simpel mengusir kutu pada kacang hijau
foto: YouTube/Setyo Nugroho

Brilio.net - Salah satu suku polong-polongan yang populer di kalangan masyarakat di Indonesia sudah pasti kacang hijau. Kacang hijau kerap diolah jadi hidangan manis seperti bubur kacang hijau, bakpia, onde-onde, es lilin, susu, dan masih banyak lagi. Tak hanya enak, kacang hijau juga terkenal memiliki khasiat yang tinggi, lho.

Dilansir dari healthline.com, kacang hijau memiliki protein, antioksidan, mineral, asam amino, juga aneka vitamin yang bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, menstabilkan tekanan darah, menurunkan gula darah tinggi, dan masih banyak lagi. Nggak heran kalau kacang hijau banyak penggemarnya, kan?

Namun, saat menyimpan kacang hijau di rumah, penting untuk meletakkannya di tempat yang bersih dan kedap udara, nih. Pasalnya, bisa-bisa tumbuh kutu di sekeliling kacang hijau saat disimpan. Kalau telanjur ada kutu di stok kacang hijau, sebaiknya jangan panik dulu, karena kutu tersebut bisa diusir dengan sejumlah cara.

Biasanya, orang-orang memanfaatkan aneka rempah untuk disimpan bersama kacang hijau, karena kutu disebut-sebut tak suka dengan aroma rempah. Di samping itu, ada satu trik lagi yang nggak kalah simpel. Trik ini dibagikan oleh warganet akrab disapa Setyo lewat unggahan di YouTube pribadinya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya