Bukan ditaburi tepung, ini trik goreng ikan biar tidak lengket di wajan

Bukan ditaburi tepung, ini trik goreng ikan biar tidak lengket di wajan
Menggunakan satu alat dapur |

Tapi, buat yang tak ingin pakai tepung biar minyaknya tak kotor, bisa pula memanfaatkan cara lain, nih. Salah satu caranya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @chubbysekky. Wanita ini menjelaskan, tak perlu bahan tambahan untuk dicampurkan ke minyak, melainkan menggunakan satu alat dapur yang biasa dipakai untuk membuat kue.

"I can use my baking paper into my frying pan and I can fry my fish without getting stuck (Aku bisa pakai baking paper ke wajan penggorengan dan bisa menggoreng ikan tanpa lengket)," ucapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @chubbysekky pada Rabu (5/4).

Bukan ditaburi tepung, ini trik goreng ikan biar tidak lengket di wajan

foto: TikTok/@chubbysekky

Karena baking paper berfungsi sebagai penampung minyak, sebaiknya gunakan jenis baking paper yang cenderung tebal dan tak mudah sobek. Sehingga, kamu bisa menggoreng ikan sampai 2 kali proses penggorengan tanpa takut baking papernya rusak.

Berbeda dengan kertas roti, baking paper memiliki tekstur permukaan yang lebih halus. Karena sudah ada anti lengket, kamu tidak perlu repot-repot mengolesnya dengan minyak atau margarin. Warnanya lebih putih dan terang dibandingkan dengan kertas roti. Bagi kamu yang banyak membutuhkan baking paper, kertas ini bisa dipakai berulang kali. Yuk, cek rekomendasi di bawah ini untuk mendapatkan produk baking paper dengan harga yang terjangkau.

Di samping itu, pastikan juga memasukkan ikan ke minyak saat minyak sudah benar-benar panas. Usai ikan dimasukkan ke minyak panas, terlihat ikan tidak menempel satu sama lain ataupun lengket di baking papernya. Padahal, pemilik akun TikTok @chubbysekky tidak menggunakan baluran tepung sama sekali ke ikannya, lho.

Bukan ditaburi tepung, ini trik goreng ikan biar tidak lengket di wajan

foto: TikTok/@chubbysekky

Setelah ikan matang, ikan goreng tersebut bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Pemilik akun TikTok @chubbysekky juga menjelaskan keuntungan lain dari penggunaan baking paper buat menggoreng ini, yaitu wajan yang ia gunakan tetap bersih, sehingga ia bisa menghemat cucian piring.

"And guess what, at the end of the day my pans are still fuckin clean (Dan tahu nggak, di akhir, wajanku masih sangat bersih)," tegasnya.

Bukan ditaburi tepung, ini trik goreng ikan biar tidak lengket di wajan

foto: TikTok/@chubbysekky

Mengintip kolom komentar di unggahan milik TikTok @chubbysekky, sejumlah warganet mengaku antusias dengan trik ini, lho. Di sisi lain, banyak pula yang memberikan trik lainnya seputar menggoreng ikan biar tak lengket. Unggahan ini juga sudah mendapat viewers lebih dari 2 juta kali.

"Use egg to fry (Gunakan telur buat goreng ikannya)," imbuh TikTok @Adewunmi.

"Or fry in an air fryer (Atau goreng pakai air fryer)," kata TikTok @Ajewole Janet.

"Wow I've learnt something new (Wow aku belajar hal baru)," ungkap TikTok @promise umoh.

"Best hack ever (Hack terbaik)," sebut TikTok @VictoriaJaphet.

"Dry the fish very well b4 seasoned and it won't stick (Keringkan ikannya sebelum dibumbui, ini bikin nggak lengket)," jelas TikTok @Sheika.

@chubbysekky Another hack discovered aint going back.. #africanfood #africanfoodie #chubbysekky #foodie #Nigerianfoodblogger #foodrecipe #cookinghacks #kitchenhacks #bakingpaperhack Won da mo - user79519619503

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya